Scroll to Top

Profil & Biodata Yuddy Chrisnandi: Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia Kabinet Kerja Jokowi JK 2014-2019

By Aditya / Published on Tuesday, 28 Oct 2014

Yuddy Chrisnandi

Yuddy Chrisnandi menjadi salah satu tokoh muda yang terpilih sebagai menteri di pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Siapakah dia? Simak profil dan biodata Yuddy Chrisnandi, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia Kabinet Kerja Jokowi JK 2014-2019, berikut ini.

Lelaki muda asal Bandung, Jawa Barat, ini merupakan salah seorang menteri yang diambil dari unsur partai politik. Ya, Yuddy Chrisnandi adalah Ketua DPP Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura). Ia juga pernah dipercaya untuk mengampu posisi sebagai Ketua Bidang Pemenangan Pemilu (BAPPILU) periode 2010-2015.

Meskipun orang parpol, namun pria kelahiran 29 Mei 1968 ini bukannya tanpa kemampuan dan pengalaman. Yuddy Chrisnandi tercatat sebagai pengajar di sejumlah perguruan tinggi, seperti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Satya Darma Singaraja Bali, STIE Latifah Al Mubarokah Tasikmalaya, Universitas Trisakti Jakarta, Universitas Indonesia, dan Universitas Nasional Jakarta.

Sebelum bergabung dengan Hanura, peraih gelar doktor dari Program Pascasarjana Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia pada tahun 2004 ini adalah politisi Partai Golkar. Bahkan, Yuddy Chrisnandi sempat bersaing memperebutkan posisi Ketua Umum Partai Golkar pada tahun 2009.

Riwayat pendidikan tinggi Yuddy Chrisnandi antara lain: meraih gelar S1 dari Fakultas Ekonomi Universitas Padjajaran Bandung, gelar S2 diterimanya dari Universitas Indonesia pada bidang ilmu ekonomi, dan di perguruan tinggi yang sama, Yuddy Chrisnandi mendapatkan gelar S3 pada bidang ilmu politik.

Komentar Anda