Scroll to Top

Rp 120 Juta untuk 90 Hari Perjalanan Rotterdam-Indonesia

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 08 Nov 2011

msrotterdam

Indonesia ternyata diminati turis Belanda sebagai lokasi yang layak dikunjungi. Buktinya, saat ini sudah ada minimal 98 orang yang tertarik melakukan perjalanan wisata 90 hari menuju tujuan akhir Indonesia. Dan, wisata dengan kapal pesiar itu baru akan dilakukan 9 Januari 2013. Yup, masih ada waktu satu tahunan sebelum berangkat.

Adalah Holland America Line (HAL), sebuah perusahaan pelayaran Belanda yang punya ide ini. Maskapai ini membuat paket wisata dengan kapal pesiar ms-Rotterdam yang berangkat dari pelabuhan Rotterdam. Di Indonesia, kapal ini akan berlabuh di Jakarta, Semarang, Tanah Ampo, Bali, Makasar, Lombok, Probolinggo, dan Surabaya. Sementara itu, selama di Indonesia, para turis akan mengunjungi Pulau Komodo, Borobudur, dan objek wisata lainnya.

Menurut Chantal Hettich, koordinator HAL, para peserta tidak mutlak harus ikut perjalanan 90 hari. Namun, jika ada wisatawan yang ingin start dari Singapura juga diperbolehkan. Paket wisata ini dibuat lebih fleksibel. Wisata ini juga membidik wisatawan yang punya hubungan hati dengan dengan Indonesia.

“Misalnya orang-orang yang dulu pernah tinggal di Hindia-Belanda. Tapi juga orang pensiunan atau orang yang bisa mengambil libur selama itu,” tutur Chantal, seperti dikutip Radio Netherland.

Paket wisata 90 hari ini dibanderol 10 ribu Euro atau setara Rp 120 juta per orang dengan kabin luar. Biaya sudah termasuk makan, akomodasi, dan hiburan di luar minuman yang disediakan. Dan, banyak awak kapal ms-Rotterdam yang berasal dari Indonesia yang bakal memberikan keramahan khas Indonesia.

Perlu Anda tahu, turis yang datang ke Indonesia via kapal laut jumlahnya terus meningkat. Tahun ini, 178 kapal pesiar berlabuh di Tanjung Priok, Jakarta. Dari jumlah kapal itu, sudah mengantarkan 113.875 turis menikmati ragam wisata di Indonesia. Dan, di tahun 2012, jumlah turis kapal pesiar diramalkan mencapai 137.279 orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda