Scroll to Top

Kucek Mata Sembarangan Bisa Kena Flu

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 09 Nov 2011

kucek mata

Jauhi mengucek mata jika Anda habis berinteraksi dengan seseorang yang mengidap flu. Mata Anda bisa menjadi sarana masuknya virus flu ke dalam tubuh. Masih tidak percaya?

Coba Anda amati bagian kelopak mata sebelah bawah. Di dekat sudut mata pada kelopak bawah, terdapat lubang kecil yang sebenarnya terhubung menuju rongga hidung. Saat Anda mengucek mata dan di tangan terdapat virus flu yang menempel, virus bisa masuk melalui lubang kecil di kelopak mata. Lalu, virus meneruskan perjalanannya ke rongga hidung dan masuk tubuh dengan bantuan udara saat bernafas. Sejak itu, virus akan menginfeksi sel inang dan jadilah Anda terkena flu.

Pencegahan flu memang harus diupayakan tidak dekat dengan sumber virus ini, apalagi dekat dengan orang yang kena flu. Selama teman atau keluarga kena flu, jangan sampai bertukar handuk, pakaian, atau media apa pun yang bisa menularkan virus. Selain itu, tubuh Anda juga mesti dijaga kebugarannya. Entah itu dengan berolahraga atau mengonsumsi vitamin. Virus flu sangat mudah menginfeksi kalau  kekebalan tubuh sedang buruk.

Juga, jaga hidung Anda untuk selalu hangat. Menurut Profesor Ron Eccles, direktur pusat studi flu Universitas Cardiff, virus flu mudah beranak pinak di daerah hidung yang memiliki suhu dingin. Anda bisa memakai masker atau syal untuk menghangatkan hidung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda