Scroll to Top

Bahan Bakar Dari Ganggang Terbangkan Pesawat United Airlines

By Oktavianus Arthadiputra / Published on Thursday, 10 Nov 2011

Penemuan luar biasa dilakukan oleh para peneliti di Solazyme.Inc, Amerika. Mereka membuat bahan bakar pesawat terbang yang terbuat dari ganggang. Uji coba penggunaan biofuel ini dilakukan pada Senin (7/11) lalu.

united-airlines

Pesawat yang menguji bahan bakar tersebut adalah United Airlines. Pesawat ini membuat sejarah baru dengan menggunakan biofuel dari ganggang untuk menerbangkan penumpangnya. Dengan nomor penerbangan 1403, United Airlines bertipe Boeing 737-824 berangkat dari Bandara Houston menuju O’Hare, Chicago.

Wakil presiden dan manajer umum untuk energi terbarukan dan bahan kimia perusahaan Honeywell, Jim Rekoske, mengatakan bahwa produk perusahaan mereka adalah produk berkembang. Bahan bakar itu terbuat dari campuran minyak bumi, bahan bakar dasar untuk jet, dan biofuel dari ganggang yang dibuat oleh Solazyme.

Bahan bakar terbarukan ini tidaklah murah. Harganya mencapai empat kali lipat dibandingkan harga bahan bakar pesawat biasa. Mempertimbangkan hal ini, bahan bakar pesawat dari ganggang belum dijual secara luas untuk maskapai penerbangan.

Pesawat yang juga menjadwalkan penerbangan menggunakan bahan bakar ganggang, Rabu (9/11), adalah Alaska Airlines. Dua jadwal disiapkan maskapai penerbangan ini untuk mengangkut penumpang dari Seattle menuju Washington D.C, dan dari Seattle menuju Portland, Oregon.

Berdasarkan berita yang dilansir dari USA Today, Rekoske menjelaskan bahwa bahan bakar dari ganggang memberikan kontribusi dalam menyelamatkan lingkungan. Antara lain dapat mengurangi 85% emisi gas rumah kaca.

Agustus lalu, Presiden Amerika Serikat Barack Obama meminta Departemen Energi, Departemen Pertanian, dan Angkatan Laut menyediakan dana sebesar 170 Juta US Dollar untuk membangun pabrik membuat biofuel.

Bahan bakar hijau dari Honeywell didukung 24 penerbangan komersial dan militer untuk menguji biofuel ini. Termasuk penerbangan transatlantik Honeywell- G 450 yang dioperasikan untuk pesawat bisnis dan pesawat supersonik Angkatan Laut Amerika, F/A-18 Hornet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda