Scroll to Top

Lima Pemain Meksiko Positif Doping

By Wan Faizal / Published on Saturday, 11 Jun 2011

Masalah yang cukup serius menghampiri Timnas Meksiko yang saat ini sedang berjuang di Piala Emas. Terdapat lima pemain Meksiko yang positif memakai doping.

Kelima pemain tersebut adalah Guillermo Ochoa, Francisco Rodriguez, Edgar Duenas, Antonio Naelson, dan Christian Bermudez.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekjen Federasi Sepakbola Meksiko, Decio de Maria, setelah pihaknya menerima hasil tes doping 14 pemain Meksiko yang dilakukan 21 Mei lalu.

“Semalam kami menerima hasil analisa tes anti doping dari 14 pemain Tri (timnas Meksiko) yang kami lakukan pada 21 Mei dan lima pemain positif (doping),” tutur De Maria dalam konferensi pers yang dikutip Reuters.

“Zat yang positif terkandung adalah Clenbuterol. Para pemain akan dicoret dari tim asuhan Manuel de la Torres,” sambungnya.

Clenbuterol merupakan zat yang bisa meningkatkan kekuatan otot dan kecepatan lari dari binatang. Bahkan De Maria mempersilahkan FIFA dan panitia Piala Emas untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut pada kelima pemain tersebut.

“Kasus ini sepertinya disebabkan karena memakan daging ayam atau sapi di antara 17 Mei dan 21, jadi investigasi akan dilakukan pada penyuplai makanan. Untuk saat ini kami tidak melihat bentuk kelalaian oleh siapapun, bahkan oleh mereka.”

“Kami tahu jika di negara ini ada peringatan kesehatan jika memakan makanan yang mengandung clenbuterol akan langsung diinvestigasi,” lanjut De Maria.

El Tricolore sendiri memulai laga di Piala Emas dengan mengalahkan El Salvador 5-0 yang diwarnai hat-trick dari striker Manchester United, Javier “Chicharito” Hernandez.

Komentar Anda