Scroll to Top

Ayah Yang Mengalami Depresi Bisa Pengaruhi Mental Anak

By Ika / Published on Tuesday, 08 Nov 2011

Sudah cukup lama diketahui bahwa ibu yang depresi bisa mempengaruhi anak-anaknya, akan tetapi belum ada studi atau penelitian yang mengkaji pengaruh depresi seorang ayah terhadap anak-anak mereka.Depresi

Namun baru-baru ini sebuah studi telah dilakukan untuk mengkaitkan hubungan antara depresi ayah dan perilaku anak. Dari studi ini diketahui bahwa sebagian besar anak dari seorang ayah yang memiliki masalah kesehatan mental dan depresi, cenderung memiliki masalah perilaku dan masalah emosional.

Penelitian yang dipimpin oleh Dr.Michael Weitzman ini melibatkan sekitar 22.000 anak-anak di atas 4 tahun. Para peneliti pun mengamati perkembangan setiap anak-anak tersebut.

Hasilnya, studi ini menunjukkan bahwa 11% anak-anak yang memiliki ayah depresi ternyata juga memiliki emosi dan perilaku yang bermasalah. Sedangkan mereka yang memiliki ayah dengan kesehatan mental normal (tidak depresi) hanya 6% saja yang memiliki masalah perilaku dan emosional. Sedangkan bagi mereka yang memiliki ibu depresi, 19% anak mengalami masalah yang sama.

Sebagaimana dikutip Sidomi News dari Daily Mail, para ahli pun mengungkapkan bahwa rasa stres yang dialami oleh orang tua pasti akan menimbulkan pengaruh buruk terhadap anak-anak, khususnya pada cara mereka bersosialisasi dan berinteraksi terhadap teman-teman mereka yang lain. Bila hal ini berlanjut dan orang tua tidak segera menyadarinya, seorang anak akan terus tumbuh dengan masalah perilaku dan mental sampai mereka besar. Hal ini tentunya berdampak buruk pada kehidupan mereka nantinya.

“Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk anak-anak Anda adalah menjaga kesehatan fisik dan mental,” kata Alan Kazdin dari Yale’s Parenting Center and Child Conduct Clinic.

Dari penelitian ini kita bisa menyimpulkan bahwa sangat penting bagi orang tua yang mengalami rasa depresi untuk segera melakukan pengobatan. Hal ini tentu saja bukan untuk kepentingan orang tua itu sendiri, namun juga demi anak-anak mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda