Scroll to Top

Ngopi dan Tidur Singkat Atasi Kantuk Saat Mengemudi

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 08 Nov 2011

mengantuk

Obat kantuk yang paling efektif adalah tidur. Walau pun mungkin hanya beberapa menit, tidur mampu mengembalikan kesegaran fisik dan pikiran. Namun bagaimana jika rasa kantuk itu menyerang saat Anda mengemudi? Jawabannya, Anda bisa berhenti sejenak untuk tidur, atau mengonsumsi stimulan yang mampu membuang sebagian rasa kantuk Anda.

Ada sebagian ahli mengatakan, saat rasa kantuk menyerang disarankan untuk tidur. Namun, ada pula yang menyarankan mengonsumsi kafein lewat kopi. Studi terbaru menunjukkan, minum kopi yang dilanjutkan tidur sejenak justru membuat tubuh dapat segar kembali dan berkinerja lebih baik untuk melanjutkan mengemudi.

Penelitian yang dilakukan Anahad O’Connor di Inggris yang dirilis The New York Times, mengatakan, saat tubuh dilanda kelelahan mengemudi, tidur 15-30 menit dapat mengembalikan performa dan kewaspadaan. Senyawa adenosin penyebab kantuk dapat dibersihkan dalam rentang waktu tersebut.

Sedangkan, bagi kafein, perlu waktu 20 menit untuk berfungsi optimalmenekan rasa kantuk setelah dikonsumsi. Sehingga, ketika kafein dan tidur dipadukan kerjanya, akan mengoptimalkan kesegaran tubuh untuk melawan serangan rasa kantuk. Dan, Anda pun bisa melanjutkan perjalanan dalam kondisi tubuh yang prima. Jadi jangan paksakan mengemudi kalau mata sudah tidak bisa diajak kompromi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda