Scroll to Top

Asetaminofen Atau Paracetamol Bisa Memperburuk Asma

By Ika / Published on Wednesday, 09 Nov 2011

Penyakit asma memang sangat mengganggu, dan umumnya para penderita asma menggunakan obat-obat tertentu untuk memperingan gejalanya. Namun para penderita asma sebaiknya mulai berhati-hati, karena ada beberapa obat yang dianggap memperburuk gejala asma yang mereka derita.

Gejala asma

Sebuah studi mencoba mengakaitkan hubungan antara asetaminofen (umumnya juga disebut paracetamol atau tylenol) dengan penyakit asma. Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Pediatrics ini ditulis oleh Dr.John McBride yang mengutip studi sebelumnya, di mana studi tersebut melibatkan 520.000 anak di 54 negara.

Dari penelitian tersebut diketahui bahwa seorang anak berusia 6-7 tahun yang mengkonsumsi obat ini, kemungkinan gejala asma yang ia derita akan memburuk hingga 60%.

Sebuah studi lain juga menunjukkan hasil yang hampir serupa, hanya saja studi tersebut melibatkan anak-anak berusia 13-14 tahun. Seperti dikutip Sidomi News dari Daily Mail, studi ini menemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi asetaminofen, kemungkinan gejala asmanya akan memburuk adalah sekitar 40%.

Dari studi ilmiah inilah para ahli akhirnya menyimpulkan bahwa obat-obat seperti asetaminofen ini meningkatkan resiko atau memperburuk gejala asma pada penderitanya, baik pada anak-anak maupun pada orang dewasa. Para ahli medis pun memberi peringatan agar kita semua berhati-hati karena tidak semua obat aman untuk dikonsumsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda