Scroll to Top

Kini ASIMO Bisa Lebih Cepat dan Lebih Cerdas

By Ika / Published on Wednesday, 09 Nov 2011

Masih ingat dengan Asimo? Ya, Asimo adalah robot humanoid dari Jepang yang diprogram agar tingkah lakunya bisa mirip dengan manusia. Saat ini Jepang berusaha mengembangkan Asimo agar bisa bekerja lebih baik. Hasilnya, Asimo yang sekarang bisa berjalan dan berlari lebih cepat, keseimbangannya meningkat walau berjalan di permukaan yang tidak rata, bisa menuangkan minuman, bahkan kabarnya Asimo diklaim mampu membantu mengatasi krisis nuklir di Fukushima.

Robot Humanoid

Kali ini Asimo memang dibuat lebih cerdas dan bergerak lebih cepat. Hal ini menjawab kritikan-kritikan saat Asimo keluar pertama kali di tahun 2000, di mana saat itu Asimo memang hanya dianggap mainan dan tidak banyak gunanya.

Sebagaimana dikutip Sidomi News dari Daily Mail, presiden perusahaan bernama Takanobu Ito mengungkapkan bahwa saat Jepang terkena tsunami sekitar bulan Maret lalu dan timbul krisis nuklir, ia sudah memiliki gagasan agar Asimo dapat membantu mengatasinya. Namun hal itu masih belum memungkinkan karena keterbatasan gerak Asimo yang tidak mampu bermanuver di reruntuhan.

Akhirnya dalam waktu sekitar 6 bulan, Asimo yang lebih canggih berhasil dikembangkan. Dalam sebuah demonstrasi, Asimo memperagakan bagaimana ia berjalan tanpa jatuh di permukaan yang tidak rata, ia juga bisa bermain dan menendang bola dengan tepat. Tak hanya itu, Asimo kini juga bisa berlari lebih cepat. Pada tahun 2005, Asimo mampu berlari hingga 3,7mph, namun sekarang larinya bisa mencapai 5,6mph.

Asimo juga bisa membedakan suara. Misalnya ketika ada tiga wanita yang memesan minuman berbeda (kopi, jus jeruk, teh susu) dan berbicara bersamaan, Asimo tetap bisa membedakannya. Dengan menggunakan pengenalan wajah dan menganalisis suara, Asimo mampu mengetahui wanita mana yang memesan kopi panas, jus jeruk, atau tes susu.

Ingin melihat bagaimana aksi Asimo? Di bawah ini Sidomi akan menampilkan video tentang robot humanoid yang satu ini.

http://www.youtube.com/watch?v=lrHT_3cG_UI&feature=player_embedded

 

One thought on “Kini ASIMO Bisa Lebih Cepat dan Lebih Cerdas”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda