Scroll to Top

Mask-bot, Robot Canggih Untuk Video Conference

By Ivan Azzam / Published on Wednesday, 09 Nov 2011

Teknologi robot semakin canggih saja dari waktu ke waktu, ambil contoh dari ASIMO, robot Jepang nan canggih tersebut, atau juga Robo-Dog yang bisa membantu tuna netra, dan kini ada lagi satu robot canggih buatan manusia, dan itu bernama Mask-bot.

Mask-bot robot head

Mask-bot dirancang oleh para ilmuwan robot dari Technische Universitat Munchen di Jerman, beserta ilmuwan Jepang dan Australia, dimana jika umumnya pembuatan sebuah robot humanoid menggunakan motor penggerak dibawah kulit buatan mereka, Mask-bot berbeda, karena Mask-bot menggunakan proyektor untuk mengeluarkan gambar wajah 3D dibalik topeng transparannya, dan komputer khusus untuk mengontrol ekspresi muka dan suara. Apa maksudnya?

Jadi disini, wajah anda akan dipotret dan diproyeksikan melalui kamera khusus di robot tersebut, lalu program robot tersebut akan mengolah dan mengubah gambar dan foto wajah anda menjadi berbentuk 3D dan disesuaikan ke robot itu.

Ini dilakukan agar nantinya di masa depan pembuatan robot semakin canggih sehingga bisa memberikan mimik muka yang mirip manusia pada robot-robot tersebut.

Para peneliti Mask-bot menggunakan teknologi rear effect pada proyektor tersebut demi membuat mimik wajah orang yang dipotret semakin realistis. Ini berguna untuk teknologi video chatting/conference di masa depan nanti.

Masih penasaran dan bingung dengan cara kerjanya? Lihat video dibawah ini:

(via CNET)

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda