Scroll to Top

Makanan Berserat Cegah Diabetes dan Penyakit Jantung

By Ika / Published on Wednesday, 09 Nov 2011

Kita semua tahu bahwa makanan bergizi tentunya akan berdampak positif bagi kesehatan tubuh kita. Makanan seperti sayuran maupun buah seharusnya terus berada di dalam daftar menu makanan kita sehari-hari karena selain mengandung banyak vitamin dan mineral, juga mengandung serat atau fiber yang baik untuk kesehatan.

Buah & SayurSebuah studi membuktikan bahwa seorang remaja yang gemar mengkonsumsi makanan berserat seperti sayuran dan biji-bijian ternyata memiliki resiko yang rendah terhadap penyakit berbahaya seperti diabetes dan penyakit jantung.

Penelitian yang menghubungkan makanan berserat dengan resiko penyakit kardiovaskular ini dilakukan oleh Joe Carlson dan rekan-rekannya. Mereka meneliti lebih dari 2.000 remaja Amerika Serikat yang berusia 12-19 tahun.  Kesehatan para remaja tersebut lalu diperiksa, mulai dari tekanan darah, kadar kolesterol, maupun kadar gula dan lemak dalam darah. Para ahli juga meneliti tentang kebiasaan atau pola makan mereka.

Dari penelitian tersebut diketahui bahwa 6% remaja memiliki sindrom metabolik (tekanan darah tinggi, kadar gula tinggi, dan rendahnya HDL atau kolesterol baik). Para remaja yang sedikit mengkonsumsi makanan berserat (kurang dari 3 gram per 1.000 kalori) memiliki resiko 9% lebih tinggi terhadap sindrom metabolik dibandingkan dengan remaja yang rutin mengkonsumsi makanan berserat (11 gram atau lebih per 1.000 kalori).

Sindrom metabolik memang bukanlah penyakit, namun suatu ukuran kesehatan yang menempatkan seseorang pada resiko penyakit yang berbahaya, begitulah penjelasn Carlson sebagaimana dikutip Sidomi News dari Reuters.

Carlson pun menambahkan bahwa makanan yang baik adalah sesuatu yang berasal dari tanah, seperti sayuran, buah, atau biji-bijian seperti gandum. Ia berpendapat bahwa untuk menjaga kesehatan, seseorang cukup mengkonsumsi tiga porsi buah, tiga porsi sayuran, dan dua porsi biji-bijian setiap harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda