Scroll to Top

Nokia Gandeng Foxconn untuk Rilis Tablet N1 Android

By Ditya / Published on Wednesday, 19 Nov 2014
Nokia N1
Nokia N1

Nokia ternyata menggandeng OEM (Original Equipment Manufacturer) Foxconn untuk memproduksi tablet N1 Android yang baru saja diluncurkannya. Ini berarti tablet Nokia N1 dibuat oleh Foxconn dengan lisensi merek Nokia. Nokia di sini adalah bagian perusahaan asal Finlandia yang tidak dijual kepanda Microsoft. Lalu seperti apa bentuk kerjasama antara Nokia dan Foxconn ini?

Sesuai dengan pernyataan Nokia beberapa waktu lalu yang mengatakan bahwa perusahaan kemungkinan akan melisensikan nama atau merek Nokia pada produsen lain yang memenuhi kriteria. Hal ini dimulai dengan rilis tablet Nokia N1 yang menggunakan sistem operasi Android 5.0 Lollipop.

Dalam kerjasama ini, Nokia menerapkan kontrol kualitas yang ketat terhadap produsen yang memproduksi perangkat dengan nama Nokia. Selain menerapkan kontrol kualitas, Nokia juga berkontribusi untuk memberuikan desain produk yang akan dibuat. Sedangkan Foxconn akan membayar royalti atas desain yang diberikan oleh Nokia.

Kontrol kualitas dan desain ini akan membuat produk Nokia yang diproduksi oleh OEM Foxconn agar memiliki kualitas tinggi seperti diproduksi oleh Nokia sendiri. Lalu apakah kerjasama ini akan menghasilkan produk smartphone? Hal ini mungkin saja terjadi, tetapi belum ada konfirmasi mengenai rencana tersebut.

Tablet Nokia N1 ini mengusung layar sentuh berukuran 7,9 inci dengan resolusi 2048 x 1536 piksel IPS (In-Plane Switching) dengan kerapatan layar mencapai 324 piksel per inci dengan aspek rasio 4:3, seperti iPad Mini 3. Layar Nokia N1 ini dilindungi oleh lapisan antigores dari Gorilla Glass 3 dan teknologi zero air gap.

Nokia N1 ini menawarkan kinerja tinggi berkat sokongan prosesor Intel Atom Z3580 quad-core 64-bit berkecepatan 2,3GHz yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 2GB dan didukung oleh pengolah grafis mumpuni dari PowerVR SGX G6430. Kinerja yang ditawarkan oleh tablet Nokia N1 ini dipastikan cukup tinggi di kelasnya.

Komentar Anda