Scroll to Top

Feyenoord, Boca Juniors, Argentina, dan Brazil Siap Datang ke Indonesia Tahun 2012

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 10 Nov 2011

Terobosan demi terobosan terus dilakukan PSSI. Ketika “lawan mereka”, PT Liga Indonesia, mempersiapkan Liga Super Indonesia sebagai liga tandingan, PSSI tidak mau kalah. Organisasi yang memayungi semua insan sepakbola dalam negeri ini bahkan siap mendatangkan klub dan negara papan atas dunia.

Djohar Arifin

Gebrakan pertama tentu kedatangan David Beckham dkk. akhir November mendatang. Klub Beckham, Los Angeles Galaxy akan diadu dengan Indonesia XI.

Belum cukup, seolah PSSI ingin menunjukkan ambisi meraih standard yang sama dengan Malaysia. Ya, awal musim panas lalu, Negeri Jiran bisa membuat insan sepakbola tanah air kebakaran jenggot. Apalagi mereka yang sentimen dengan juara Piala AFF 2010 itu.

Ketika sepakbola tanah air hanya bisa mendatangkan Bayern Muenchen “B” beberapa tahun lalu, Malaysia sukses memboyong tiga jagoan Premier League. Chelsea, Liverpool, dan Arsenal berlaga di Stadion Bukit Jalil.

Kini, Djohar Arifin sang ketua baru, tengah mempersiapkan langkah yang lebih jauh daripada Malaysia. Disebutkannya, Feyenoord Rotterdam, salah satu dari tiga klub raksasa Eredivisie, siap datang pada awal 2012 ke tanah air.

Selain Feyenoord, ada pula Boca Juniors. Kebetulan, klub elite Argentina itu memang memiliki gawe tersendiri di Indonesia. Boca siap mendirikan akademinya di negeri kita, menjemput bibit-bibit muda yang berpotensi menjadi pemain bintang dunia.

Selain dua klub yang mungkin hanya bisa tiba lewat mimpi pada era PSSI terdahulu, kita juga mesti siap menjalani dua laga internasional paling sensasional. Djohar menyebut, Brazil dan Argentina tengah dijajaki untuk menjajal rumput Senayan.

Sinyal positif ini disebut Djohar sebagai kesempatan “langka”. Djohar juga menyebutkan, saat ini Indonesia sudah masuk ke dalam peta perjalanan tim-tim dunia. Keadaan ini mesti dimanfaatkan semaksimal mungkin agar ke depan, timnas kita tidak hanya menang dalam bibir dan semangat saja. Melainkan juga dari segi permainan di lapangan.

LPI Memakai Wasit Asing

Sementara itu, demi mewujudkan liga yang bersih, PSSI mengeluarkan keputusan penting. Seperti halnya Liga Primer Indonesia yang digagas Arifin Panigoro, Liga Prima Indonesia mendatang akan memakai wasit asing.

Dalam pertemuan dengan 16 klub peserta LPI kemarin, usulan PSSI tersebut diamini oleh mayoritas peserta. Dengan adanya wasit asing, ancaman suap yang selama ini sering dikeluhkan di ISL, bisa diredakan.

Kita tentu masih ingat bagaimana iklan Liga Primer Indonesia awal tahun lalu bukan? Tidak hanya Irfan Bachdim yang menjadi ikon LPI. Seorang wasit asing dimasukkan dalam iklan tadi sebagai bukti LPI siap membawa perubahan berarti di Indonesia.

Setelah Arifin Panigoro sukses menginfiltrasi PSSI, tampaknya ikon-ikon tersebut tetap dipertahankan di liga “gabungan” Indonesian Premier League. Irfan Bachdim cuma diberi hukuman percobaan (artinya bisa bermain untuk Persija) dan wasit asing siap dipakai. Bahkan AFC siap mengirim wasit untuk LPI jika ada permintaan dari PSSI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda