Scroll to Top

Alaska Airlines Terbangkan 27 Pesawat Berbahan Bakar Minyak Goreng

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 10 Nov 2011

alaska airlines

Penerbangan ramah lingkungan diawali oleh maskapai Alaska Airlines di AS. Pesawat yang dipakai untuk mengangkut penumpang menggunakan bahan bakar dari minyak goreng. Pihak Alaska Airlines mengatakan, terobosan ini dilakukan untuk menunjukkan kehebatan energi terbarukan yang bisa digunakan sebagai bahan bakar alternatif untuk pesawat.

Bahan bakar minyak goreng ini diproduksi Dynamic Fuels di Louisiana. Saat ini pabrik tersebut juga tengah mengembangkan bahan bakar alternatif untuk pesawat di Angkatan Udara AS. Hanya saja, karena ketersediaan masih terbatas, harga jualnya lebih tinggi dari bahan bakar konvensional. Satu galonnya mencapai 17 Dollar AS. Angka ini lebih tinggi 14 Dollar AS dari BBM pesawat biasa yang dibanderol 3 Dollar AS.

Dengan harga perolehan tinggi , nantinya bakal berpengaruh pada harga tiket. Oleh karena itu, Alaska Airlines mengalokasikan investasi bagi 27 pesawat saja untuk sementara ini yang menggunakan bahan bakar minyak goreng. Salutnya lagi para pelanggan maskapai ini yang peduli terhadap emisi udara, menyatakan tidak keberatan jika nantinya mereka harus merogoh kocek lebih tinggi.

Sebenarnya bukan Alaska Airlines saja yang berkomitmen mencari energi terbarukan sebagai bahan bakar alternatif pesawat. Beberapa maskapai tengah menjajaki penelitian untuk membuat bahan bakar nabati dari rerumputan dan lumut. Sementara itu, menurut rilis BBC, produsen pesawat Boeing menyatakan dukungannya untuk mencari bahan bakar alternatif pada semua bidang dan tidak terbatas pada pesawat.

Pesawat komersial Alaska Airlines yang berbahan bakar minyak goreng ini, mulai beroperasi 9 November 2011. Penerbangan pertama dilakukan dari kota Seattle.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda