Scroll to Top

Hati-Hati! BAB Sambil Baca Bisa Kena Wasir

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 10 Nov 2011

bab

Sebagian orang gemar melakukan buang air besar (BAB) sambil membaca suatu tulisan. Entah itu koran, majalah, tabloid, novel, dan sebagainya. Katanya sih membuat aktivitas tersebut jadi semakin asik. Bahkan, kadang sampai lupa waktu dalam membaca padahal isi perut sudah dikeluarkan.

Nah, kalau Anda salah satu pelakunya, sebaiknya tinggalkan kebiasaan buruk ini. Tahukah Anda? Semakin lama Anda dalam posisi BAB dan dilakukan secara rutin tiap hari, maka Anda punya potensi lebih besar terkena wasir. Jika Anda juga jarang mengonsumsi serat, potensinya jadi jauh lebih besar lagi.

Alasannya, posisi buang air besar memberikan tekanan dan stres di area dubur. Tekanan ini dapat membuat pembengkakan pada peredaran darah di anus. Kalau kloset Anda versi duduk, maka bisa memperparah keadaan wasir akibat tidak lancarnya peredaran darah di sekitar dubur.

Pencegahan yang paling mudah adalah banyak mengonsumsi serat. Serat membantu kotoran untuk lebih mudah dikeluarkan, tidak keras, dan mengurangi tekanan saat mengejan. Setidaknya Anda perlu makan serat 30-35 gram setiap hari. Namun, kebiasaan membaca sambil BAB pun perlu dihindari agar semakin meminimalkan tekanan di anus penyebab wasir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda