Scroll to Top

Sering Lihat Teve, Bayi Bisa Alami Gangguan Konsentrasi

By Ilham Choirul / Published on Monday, 14 Nov 2011

Bayi usia kurang dari dua tahun ternyata tidak mengalami perkembangan IQ saat diperlihatkan tayangan teve. Sebagian ahli bahkan menganjurkan untuk tidak membiarkan bayi berlama-lama melihat program acara teve. Sekali pun saat ini sudah ada teve kabel yang membuat program buat bayi, bayi yang keseringan melihat teve dapat mengalami gangguan konsentrasi, sulit tidur, hingga berpotensi terkena obesitas.

Michael Rich, MD, MPH, Direktur Center on Media and Child Health, mengatakan, anak yang masih merangkak belum bisa mendapatkan manfaat dari program teve. Sementara itu, menurut Evans Schmidt, PhD — peneliti dari lembaga yang sama, mengatakan, belum ditemukan bukti ilmiah soal ini. Bahkan, anak-anak yang mendapatkan stimulan dengan berinteraksi bersama orang lain,  justru punya kemampuan berbahasa dan visual yang lebih baik dibanding anak yang doyan nonton teve.

“Berlawanan dengan klaim pemasaran dan persepsi orangtua yang mengira kalau menonton TV baik untuk perkembangan otak anak,” tutur Schmidt. “Menonton teve secara tersendiri tidak menunjukkan hasil nyata dalam perkembangan kemampuan kognitif,” lanjutnya.

Hanya saja, kemampuan kognitif ini mungkin  bisa dibangun dengan menemani anak saat melihat teve. Orang yang menemani tersebut secara aktif mengarahkan isi acara agar anak mengerti dan paham maksudnya. Tetapi, untuk ukuran anak di bawah dua tahun, tetap dianjurkan untuk tidak berinteraksi dahulu dengan program teve.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda