Scroll to Top

Ditemukan Patung Bungku, Diduga dari Zaman Megalitikum

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 12 Nov 2011

Di Provinsi Sulawesi Tengah ditemukan sekitar 50 patung kecil yang diduga merupakan benda purbakala. Hanya saja, untuk memastikannya, para arkeolog akan memastikan status patung tersebut melalui sebuah penelitian.

Patung ini didapatkan di daerah Bungku, Kabupaten Morowali, sehingga diberi nama patung bungku. Seperti ditulis National Geographic,ukurannya sekitar 30 cm dengan beberapa macam rupa wajah dan badan pada ke-50 patung yang ditemukan. Jenis kelaminnya juga ada yang dibuat pria dan wanita. Sedangkan, kepalanya ada yang menyerupai kerbau, babi rusa, kera, dan manusia.

Sebelum diketahui para arkeolog, patung tersebut sempat diperjualbelikan warga. Mereka mendapatkannya dari hutan di pedalaman. Menurut Ali Akbar, seorang arkeolog, diduga patung berasal dari zaman megalitikum. Namun Ali juga agak meragukannya. Katanya, patung prasejarah punya ciri pahatan yang sama pola wajah dan badan antara satu patung dengan lainnya.

“Berdasarkan korespondensi saya dengan beberapa antropolog, ternyata tidak mengenal pembuatan patung Bungku ini,” ungkapnya.

Pengungkapan patung Bungku tetap dilanjutkan. Ali segera membuat ekspedisi untuk melacak asal muasal patung dengan melibatkan peneliti beserta masyarakat. Tim peneliti terdiri dari arkeolog, antropolog, dan ahli seni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda