Scroll to Top

Bantal Adalah Salah Satu Benda Paling Berkuman di Rumah

By C Novita / Published on Wednesday, 10 Dec 2014

bantal

Kegiatan membersihkan rumah umumnya dilakukan dengan menyapu, ngepel, menghilangkan debu, dan membersihkan toilet. Sedangkan membersihkan bantal dan tempat tidur, jarang dilakukan dengan asumsi bahwa benda itu tak terlalu kotor. Padahal salah satu benda paling berkuman yang ada di rumah adalah bantal dan tempat tidur.

Berikut ini beberapa jenis benda lain di rumah yang menyimpan paling banyak kuman, namun sering tak disadari:

  • Bantal

Bantal yang selalu digunakan untuk tidur, mengandung puluhan binatang mikroskopik, bakteri, serta kuman. Sel kulit mati yang menempel di bantal tersebut, sisa keringat, liur, jadi bahan yang disukai oleh berbagai jenis kuman tersebut. Cara membersihkannya adalah dengan membawanya ke laundry, menjemur, mengganti sarungnya dengan teratur maksimal sepekan sekali, dan dalam waktu tertentu harus diganti dengan yang baru.

  • Pegangan sikat gigi

Studi dari National Sanitation Foundation (NSF) menyebut bahwa 27% pegangan sikat gigi mengandung bakteri pemicu sakit Staph, serta E coli. Karena itu membersihkannya dengan teratur memakai air panas sangat disarankan.

  • Penampung air dispenser

Penampung tetesan air di dispenser adalah benda yang juga sering diabaikan serta jarang dibersihkan. Demikian juga filter mesin pembuat kopi. Umumnya tempat itu ditumbuhi jamur atau ragi.

  • Kunci rumah, pegangan ointu, tombol

Benda-benda tersebut sering disentuh berbagai tangan, namun sangat jarang dibersihkan. Kuman juga sangat banyak berada di sana.

  • Ponsel

Ponsel juga sering sekali disentuh, ditempelkan ke telinga dan rambut, serta diletakkan di mana saja. tak heran jika bakteri dan kuman banyak menempel.

  • Tali sepatu

Benda ini pun sering disentuh, namun jarang dibersihkan. Karenanya banyak sekali kuman dan bakteri menempel di dalamnya. Coba lihat tali sepatu Anda, pasti lebih dari satu bulan belum dicuci, bukan?

  • Tas

Tas, apalagi yang selalu menemani Anda kemana-mana, adalah benda lain yang menyimpan kuman terbanyak. Apalagi jika Anda kerap menaruhnya di sembarang tempat, dan memegangnya berulang kali.

Komentar Anda