Scroll to Top

Urin, Potensi Bahan Bakar Masa Depan

By Ivan Azzam / Published on Saturday, 12 Nov 2011

Masalah terbesar umat manusia saat ini? Terbatasnya jumlah bahan bakar fosil untuk manusia, untungnya ada beberapa bahan bakar alternatif dikembangkan umat manusia jika saja bahan bakar fosil habis, dan satu lagi mengenai penelitian bahan bakar alternatif, yaitu dibuat dari urin.

Urine fuel cell

Yak, anda tidak salah baca, bahan bakar alternatif ini dibuat dari urin manusia. Tim peneliti dari University of the West of England di Bristol berpikiran menggunakan urin sebagai bahan bakar adalah hal yang baru, karena setiap manusia pasti memproduksinya dan tentunya, bisa diisi ulang serta murah dan mudah didapat (anda pasti buang air kecil setiap hari bukan?)

Memang kedengaran sedikit menjijikkan, tapi, tenaga bahan bakar ini didapat dari bakteri yang memakan kandungan gula di urin tersebut dan menghasilkan elektron, yang mana akan menghasilkan tenaga. Bayangkan, sebuah tenaga yang dihasilkan jutaan manusia di seluruh dunia, sebuah fakta menarik mengatakan bahwa manusia memproduksi 6,4 trilyun liter urin per tahunnya, jika penelitian ini berhasil, maka mungkin saja urin dari hewan pun bisa digunakan.

Selain itu, bakteri penghasil tenaga tersebut juga “memakan” zat-zat kotor di urin, sehingga air tersebut menjadi bisa didaur ulang (untuk keperluan lain misalnya, dan bukan untuk minum). Dengan adanya bahan bakar ini, kita bisa mengurangi pencemaran lingkungan yang dihasilkan oleh bahan bakar fosil, serta limbah-limbah yang dihasilkan juga berkurang, ini dilakukan demi kelangsungan lingkungan hidup manusia juga nantinya.

Jadi bagaimana? Tertarik menggunakan urin anda untuk menjalankan kendaraan anda? (via Geek)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda