Scroll to Top

Phobos-Grunt Bisa Bahayakan Bumi

By Oktavianus Arthadiputra / Published on Sunday, 13 Nov 2011

phobos-grunt

Muncul kekhawatiran baru akan keselamatan bumi setelah pesawat antariksa Rusia, Phobos-Grunt, gagal mengeksplorasi  Planet Mars akibat terjadinya gangguan pada tabung pendorong roket Zenit-2 yang tidak terbakar, dan terjebak di orbit bumi. Kekhawatiran itu adalah kemungkinan jatuhnya bangkai pesawat antariksa itu ke Bumi.

Juru bicara Badan Antariksa Rusia (Roscosmos), Alexei Kuznetsov, menyatakan upaya untuk berkomunikasi (perintah komputer) dengan Phobos-Grunt tidak membawa hasil apapun, Jumat (11/11). Padahal, batas ketahanan baterai pesawat itu hanya bertahan tiga hari, dimana upaya sudah dilakukan sejak Rabu (9/11) lalu.

“Tenaga ahli di bagian kontrol masih berkerja untuk mencoba memperbaiki pesawat antariksa itu. Tapi, kemungkinan sukses sangat tipis sekali,” kata Kuznetsov.

Kegagalan itu akan membawa malapetaka bagi bumi. Phobos-Grunt membawa 12 ton bahan bakar berbahaya pada tangkinya. Meski saat ini berada di orbit bumi, tidak ada yang bisa memprediksi  pesawat itu akan kembali ke bumi.

Bisa saja, tiba-tiba satu kejadian di luar angkasa menyebabkan Phobos-Grunt ke luar dari orbit bumi dan jatuh ke daratan. Ini sangat mengerikan sekali. Bahan bakar seberat 12 ton pada pesawat antariksa itu terdiri atas campuran bahan kimia yang sangat beracun, nitrogen tetroksida dan bahan bakar hidrazin.

Ahli ruang angkasa yang juga mantan pimpinan di Departemen Pertahanan Rusia, Vladimir Uvarov, mengatakan bahwa Rusia sudah kehilangan Phobos-Grunt. Kegagalan komunikasi melalui perintah jarak jauh menggunakan komputer tersebut merupakan suatu cacat  yang serius.

Berdasarkan pengalamannya, upaya agar mesin pendorong tabung berkerja kemungkinan akan gagal. Uvavrov berharap, bahan bakar akan tetap cair bila bangkai pesawat antariksa itu jatuh ke bumi, dan dapat meledak sekitar 50 mil dari permukaan bumi.

Menurut Veteran NASA yang sekarang bekerja sebagai konsultan pesawat ruang angkasa, James Oberg, pesawat Phobos-Grunt dapat menjadi ‘satelit’ paling berbahaya yang pernah ada.

Pesawat ruang angkasa Rusia, Phobos-Grunt diluncurkan di Kosmodrom Baikonur, Kazakhtan, Selasa (8/11),pukul 15.16 waktu setempat.  Peluncuran pesawat ruang angkasa itu awalnya berjalan lancar. Namun, kerusakan mulai terjadi 11 menit kemudian. Tabung pendorong roket tidak memercikkan api dan gagal mendorong Phobos-Grunt melakukan perjalanan ke Mars.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda