Scroll to Top

Scanner Sidik Jari Bisa Mendeteksi Kandungan Narkoba Dalam Keringat

By Oktavianus Arthadiputra / Published on Sunday, 13 Nov 2011

drug detecting fingerprint scannerUji terhadap kandungan obat-obatan terlarang (drugs) dalam tubuh pada tahun mendatang tidak perlu lama-lama menunggu hasil laboratorium pemeriksaan atas sampel urine. Karena, peneliti di Universitas Anglia Timur (UEA), Inggris, mengembangkan cara baru untuk pengujian drugs menggunakan scan (pemindai) sidik jari.

Perangkat alat pindai ini awalnya diujikan pada mahasiswa UEA. Profesor David Russell dari departemen kimia UEA dan CTO perusahaan Intelligent Fingerprinting, menggunakan alat itu untuk mendeteksi adanya kotinin (metabolit nikotin) pada sidik jari, dan dicocokkan dengan mahasiswa yang perokok.

Alat pemindai tersebut tidaklah terlihat rumit. Bentuknya seperti buku tebal berwarna perak. Namun, kehebatan alat ini adalah dapat mendeteksi keberadaan opium, ganja, atau kokain, yang terkandung dalam keringat di ujung jari.

Manager pengembangan bisnis perusahaan Intelligent Fingerprinting, Dr Paul Yates, mengatakan penggunaan alat scan dapat mengkorelasikan metabolit langsung ke pori-pori keringat di sidik jari. Karenanya, memberikan hasil sesungguhnya akan pengujian dan hasil uji tidak akan salah.

Bagaimana cara kerja alat ini? Pemindai menggunakan cartridge khusus untuk mengambil sidik jari. Setelah itu, akan diolah dengan pengujian kimia dan sistem pemindai foto yang unik. Foto akan menghasilkan gambar resolusi yang tinggi dari sidik jari dan residu, sehingga output dari pori-pori keringat dapat diukur.

Sejauh ini, pemindai sidik jari untuk tes drugs ini masih berupa prototype. Namun, Dr Yates optimis bisa mengembangkan alat ini. Ia mengatakan, dengan bantuan kucuran dana sebesar 1 Juta Poundsterling atau lebih, alat pemindai bisa segera untuk diproduksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda