Scroll to Top

Lakukan Pemanasan Sebelum Olahraga Bila Tak Ingin Cidera

By Ika / Published on Saturday, 12 Nov 2011

Setiap melakukan olahraga, sebelumnya kita pasti harus melakukan pemanasan atau stretching terlebih dahulu agar otot-otot tubuh kita lemas dan terhindar dari cidera. Namun tak sedikit orang yang mengabaikan pentingnya pemanasan atau warm-up ini. Terkadang seseorang langsung berolahraga dan menggerakkan tubuhnya dengan intens tanpa melakukan peregangan terlebih dahulu.

Kali ini sebuah studi mencoba Pemanasanmembuktikan bahwa mereka yang tidak melakukan warm-up sebelum olahraga bisa beresiko tinggi terhadap cidera, sekaligus ingin mengungkapkan bahwa resiko cidera pada remaja perempuan bisa lebih tinggi daripada remaja laki-laki.

Sebuah studi telah dilakukan dengan melibatkan sekitar 1.500 remaja perempuan. Mereka lalu dibagi menjadi dua kelompok, grup dengan pemanasan dan grup tanpa pemanasan. Dari studi yang dilakukan sekitar setahun ini, ada 96 kasus cidera pada grup tanpa pemanasan. Sedangkan pada grup dengan program pemanasan, hanya ditemui 50 kasus cidera. Studi tersebut berhasil menunjukkan bahwa mereka yang rutin melakukan pemanasan setiap akan melakukan olahraga, beresiko kecil terhadap cidera, misalnya saja keseleo.

Seperti dikutip Sidomi News dari Reuters, seorang ahli bernama Tim Hewett dari The Ohio State University juga mencoba mengkaitkan antara resiko cidera ini dengan gender. Ia pun mengungkapkan bahwa selama pubertas, baik tubuh remaja laki-laki maupun perempuan akan mengalami pertumbuhan dan badan mereka bisa lebih tinggi, namun otot tubuh remaja perempuan tidak berkembang banyak seperti pada remaja laki-laki.

Dari ketidakseimbangan inilah diketahui bahwa dibandingkan dengan remaja laki-laki, remaja perempuan yang tidak melakukan pemanasan bisa beresiko antara 2 sampai 10 kali lipat lebih tinggi terhadap cidera (keseleo) saat olahraga.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda