Scroll to Top

Play-Off Euro 2012: Tak Ada Keajaiban Untuk Negara Underdog

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 12 Nov 2011

Estonia 0-2 Republik Irlandia

Tidak ada kejutan berarti dalam play-off Euro 2012. Tiga dari empat tuan rumah gagal memanfaatkan kesempatan memenangkan leg pertama. Bosnia & Herzegovina ditahan seri 0-0 oleh Portugal. Turki ditaklukkan oleh Kroasia 0-3. Sementara, Estonia, tim yang paling mengejutkan, tidak bisa berbuat banyak. Mereka dikandaskan oleh Republik Irlandia 0-4

Satu-satunya tuan rumah yang berhasil mendapatkan tiga poin penting adalah Republik Ceska. Menghadapi tim yang sempat menyulitkan Inggris, Montenegro, Ceska menang 2-0.

Sejak babak play-off kolektif digelar 12 tahun lalu, menjelang Euro 2000, memang nyaris tidak ada peluang untuk tim-tim underdog melaju dari babak ini.

Misalnya, pada Euro 2000. Secara mengejutkan Israel lolos sebagai runner-up Grup 6. Nasib mereka langsung hancur. Gara-gara menyewa beberapa WTS di hotel sebelum pertandingan, mereka dilumat Denmark di kandang sendiri dengan skor 0-5. Pada leg kedua yang digelar di Parken Stadium, Kopenhagen, Israel bisa bertahan lebih baik dengan kalah 3-0.

Demikian pula Skotlandia. Di babak play-off, mereka bertemu dengan Inggris, sang musuh bebuyutan. Three Lions lolos dari hadangan Skotlandia dengan agregat 2-1. Dua gol Paul Scholes di Hampden Park membuat Inggris bermain santai saat menjadi tuan rumah. Meskipun kalah 0-1 di Wembley, Inggris tetap lolos dengan agregat 2-1.

Satu-satunya kejutan adalah lolosnya Slovenia. Tim yang 2 tahun kemudian juga lolos ke Piala Dunia 2002, unggul agregat atas Ukraina 3-2. Sementara, Turki yang pada babak kualifikasi Euro 2000 sukses menekuk Jerman 1-0 di kandang, melanjutkan trend positif. Mereka lolos dari sergapan Republik Irlandia berkat agresivitas gol tandang.

Babak play-off Euro 2004 yang mempertemukan 10 negara, juga miskin kejutan. Skotlandia lagi-lagi gagal setelah dihancurkan Belanda dengan agregat 1-6.

Kroasia, Rusia, dan Spanyol sukses melewati lawan-lawan yang lebih lemah. Kroasia menekuk Slovenia dengan agregat 2-1. Rusia mengakhiri peluang Wales untuk lolos pertama kali dengan skor 1-0. Sementara, Spanyol yang tertatih mesti melewati babak play-off, mulus-mulus saja menggulus Norwegia dengan agregat 5-1.

Satu-satunya kejutan datang dari Latvia. Menghadapi tim spesialis play-off, Turki, Latvia lolos dengan agregat 3-2.

Tidak heran jika hal yang sama sangat mungkin berlaku pada tahun ini. Play-off Euro 2012 ibarat pembuktian mental juara para tim yang berlaga. Mereka yang belum mengenal dahsyatnya putaran final, bisa saja kagok dan grogi. Hasilnya, tim-tim “gurem” kesulitan berbicara banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda