Scroll to Top

FB Tidak Lagi Populer, Mulai Ditinggalkan Pengguna ABG

By Ibnu Azis / Published on Monday, 22 Dec 2014

Facebook

FB sukses meraih miliar pengguna aktif sejauh ini. Jumlah tersebut memang luar biasa. Namun, sedianya pencapaian Facebook justru mengalami penurunan. Setidaknya ini menurut studi terkini yang menyebut jika popularitas FB kian meredup dengan penurunan pengguna di rentang usia 13 – 17 tahun atau remaja (ABG).

Data ini disebutkan dari hasil survei yang dihelat Frank N. Magid Associates di Amerika Serikat. Pengguna FB di usia 13 – 17 tahun tercatat mulai menurun dari 94% di tahun 2013 yang kini hanya menjadi 88% hingga akhir tahun 2014. Satu pertanyaan pasti soal itu, apa yang sesungguhnya terjadi?

Menurut lembaga riset tersebut, turunnya popularitas FB terjadi karena pelbagai faktor. Satu hal kuat yang membuat Facebook mulai ditinggalkan ABG dan remaja adalah soal kebijakan terkait privasi serta keamanan. Menariknya, hasil serupa pernah pula dilepas oleh lembaga riset Global Web Index.

Menurut lembaga riset tersebut, pengguna FB mulai meninggalkan layanan sosial ini sebab beralih ke aplikasi pesan instan. Jason Mender, Head of Trends GlobalWebIndex mengatakan jika angka penurunan yang ada setidaknya disebabkan oleh tiga faktor.

Pertama, pengguna sudah mulai bosan dan ingin migrasi ke layanan media sosial lain. Kedua, FB dianggap sudah tidak menarik lagi bagi mereka. Ketiga, tidak sedikit orangtua bergabung dan seakan lakukan pengawasan dan membuat mereka terkekang.

“Pengguna Facebook rata rata adalah anak muda. Mereka merasa bosan dan tidak ingin diawasi oleh orang tua sehingga mulai meninggalkan Facebook,” jelas Mender.

Komentar Anda