Scroll to Top

PSSI: Nurdin Halid Meninggalkan Utang 700000 Dolar

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 12 Nov 2011

Sebuah cerita lama kembali dikuak oleh situs resmi PSSI. Nurdin Halid dinyatakan belum membayar hutang. Tidak tanggung-tanggung, angkanya membengkak sekitar US$ 700000!

PSSI

Utang ini dituntut oleh Michelle Bacchini, konsultan PSSI ketika hendak mencoba peruntungan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022.

Bacchini sudah mengadukan PSSI ke CAS (Court of Arbitration for SPORT) sekian waktu lalu. 18 November mendatang, PSSI diwakili Rudolf Yesayas dan Andre Meyer, akan datang ke Swiss untuk menyelesaikan masalah ini.

Sebenarnya, isu ini sudah ramai diberitakan sejak awal tahun 2010. Kala itu, PSSI mengklaim sudah membayar Michelle Bacchini sebesar 243 juta rupiah (US$27ooo) untuk uang transport Bacchini ke Indonesia. Plus, beberapa konsep penawaran Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 kepada FIFA.

FIFA langsung mencoret Indonesia dari daftar bakal calon tuan rumah karena tidak mendapatkan dukungan resmi dari pemerintah. Dengan alasan ini pula, PSSI mengklaim bisnis dengan Bacchini sudah selesai. Toh Bacchini cuma bekerja separuh jalan.

Sebaliknya, bagi Bacchini, uang 243 juta rupiah itu bukan apa-apa. PSSI masih menunggak gajinya sebesar Rp 2,3 miliar seperti yang dicantumkan dalam kesepakatan.

Konyolnya, saat ini PSSI tidak memiliki data apa pun tentang perjanjian dengan Bacchini. Bahkan, file hasil kerja Bacchini tidak ada dalam berkas PSSI. Boleh dikatakan, PSSI masa Nurdin Halid kemungkinan bekerja asal-asalan dan lemah dalam bidang administrasi.

Kalau kita tengok lagi ke belakang, bukan kali ini saja PSSI era Nurdin Halid tidak meninggalkan pesan atau catatan apa pun kepada pengurus PSSI baru. Kontrak Alfred Riedl tidak ada sama sekali dalam berkas sehingga PSSI menunjuk Wim Rijsbergen. Akibatnya, sekarang Riedl yang merasa dipermainkan oleh PSSI.

One thought on “PSSI: Nurdin Halid Meninggalkan Utang 700000 Dolar”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda