Scroll to Top

Tinggal 3 Mayor Label Tersisa: EMI Dijual ke Universal Music

By Ika / Published on Saturday, 12 Nov 2011

Salah satu perusahaan musik besar yang ada di Inggris, EMI, telah menyatakan bahwa mereka akan menjual unit rekaman musik milik mereka kepada Universal Music seharga £ 1,2 miliar ($ 1,9 miliar). Sedangkan untuk unit music publishing akan dijual kepada Sony dengan harga sekitar $ 2 miliar.

EMI RecordUniversal Music sendiri adalah bagian dari Vivendi, perusahaan media dari Perancis. Sedangkan EMI adalah sebuah perusahaan musik yang menaungi beberapa musisi papan atas seperti The Beatles, Coldplay, atau Pink Floyd. Berkaitan dengan penjualan EMI kepada pihak lain, semua musisi yang bernaung di EMI pun menyambut Universal Music dengan tangan terbuka.

I particularly welcome the fact that EMI will once again be owned by people who really do have music in their blood,” kata vokalis Rolling Stones, Sir Mick Jagger, sebagaimana dikutip Sidomi News dari BBC.

Tak hanya Sir Mick Jagger saja, manajer dari band Coldplay pun menyatakan bahwa mereka menyambut baik kedatangan Universal Music.

Sebelumnya, ada empat perusahaan musik besar yang dijuluki The Big Four, yaitu EMI, Universal Music, Sony BMG, dan Warner Music Studio. Dengan dijualnya EMI kepada pihak Universal, maka sekarang hanya tersisa 3 mayor label saja.

Perusahaan EMI sendiri dulu sempat dibeli oleh Terra Firma dengan harga  £4.2 miliar pada tahun 2007. Karena masalah uang dan hutang piutang, kepemilikan EMI diambil alih oleh Citigroup pada tanggal 1 Februari 2011.

Citigroup sendiri adalah bank di Amerika Serikat yang menangani hutang piutang yang melibatkan EMI. Tahun lalu Terra Firma bahkan sempat membawa Citigroup ke pengadilan dan menuduh bank tersebut telah melakukan penipuan tentang masalah pembayaran hutang, namun akhirnya juri pengadilan mengambil keputusan yang menguntungkan pihak Citigroup. Walau begitu, pada 11 November kemarin, Citigroup akhirnya menjual EMI kepada Universal Music dan Sony.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda