Scroll to Top

Ini Dosis Minum Kopi yang Disarankan agar Tetap Membawa Manfaat

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 25 Dec 2014

Minum kopi

Kopi menjadi minuman wajib bagi sebagian orang. Minuman ini memberikan dorongan semangat yang cukup cepat dengan hadirnya zat kafein yang kuat. Tidak heran jika lantas banyak orang yang merasa penuh konsentrasi setelah minum kopi dan mengenyahkan rasa kantuk yang datang.

Namun minum kopi juga jangan sembarangan. Ada batasan jumlah tertentu yang sebaiknya dipatuhi agar kopi tidak lantas mengganggu kesehatan. Pada jumlah asupan normal, kopi memberikan sejumlah manfaat kesehatan. Misalnya memperbaiki konsentrasi, kaya antioksidan, membantu penurunan berat badan, bahkan dipercaya mengontrol gula darah kala dikonsumsi tanpa gula atau krimmer.

Takaran minum kopi yang disarankan berbeda untuk anakanak atau remaha, dan orang dewasa. Dikutip laman Boldsky yang merilis dari Food and Drug Administration (FDA), anjuran maksimal kafein bagi orang dewasa adalah 400 miligram. Angka ini setara dengan seseorang minum kopi sekitar 3 – 4 cangkir setiap hari.

Jangan terlalu sering mengonsumsi kopi melebihi takaran yang dianjurkan. Pasalnya kalau jumlah asupan kafein dalam tubuh mencapai 500-600 miligram, maka sistem tubuh dapat kacau. Anda justru akan mendapati efek samping yang buruk seperti kepala pusing, cemas, jantung berdebar, sampai hipertensi.

Lain halnya dengan usia anak-anak dan remaja. Mereka sebaiknya tidak mengonsumsi kafein lebih dari 100 miligram per hari. Jumlah tersebut setara dengan satu cangkir kopi. Jika anak-anak kelebihan kafein efeknya dapat membahayakan.

Perlu dipahami, setiap tubuh memiliki toleransi sendiri terhadap kafein. Ada tubuh yang kuat diberi kafein, ada pula yang sensitive. Bagi Anda yang sensitif dengan kafein, sebaiknya jangan minum kopi. Anda bisa mendapatkan efek buruknya ketimbangan manfaat buat kesehatan. Dan, penderita hipertensi maupun penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke, sangat tidak disarankan mengonsumsi kopi.

 

Komentar Anda