Scroll to Top

Makanan dan Minuman Pembuat Gigi Kuning

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 12 Nov 2011

gigi sehat

Gigi adalah pemanis penampilan. Senyuman yang indah disertai bersihnya gigi, membuat seseorang makin percaya diri. Oleh karena itu, menjaga gigi putih itu perlu. Namun, jangan berkecil hati bila gigi Anda agak kekuningan. Penyebabnya bisa beragam. Seperti menipisnya lapisan enamel gigi atau bisa juga akibat konsumsi makanan  tertentu.

Nah, ada beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya Anda tahu bisa membuat gigi kuning. Jika sudah mengonsumsinya, mungkin sebaiknya Anda segera membersihkan gigi.

  • Minuman anggur. Asam, tanin, dan chromogen adalah zat yang ada pada minuman anggur. Minuman beralkohol ini, terutama red wine, mampu meninggalkan noda cukup kuat di gigi.
  • Tomat. Warna alami pada tomat bisa meninggalkan noda di gigi. Noda ini makin kuat kalau Anda mengonsumsi saus tomat yang telah ditambahkan pewarna buatan. Berbagai bentuk saus — seperti kecap, saus sambal — juga dapat menempelkan noda di gigi.
  • Minuman kesehatan. Pada minuman seperti ini, kandungan asamnya biasanya tinggi. Asam bisa merusak lapisan enamel yang menyebabkan noda tertinggal di gigi. Mulut yang asam juga meninggalkan bau yang kurang enak.  Termasuk dalam minuman ini adalah soft drink.
  • Jus buah. Di balik kebaikan manfaat jus buah, ternyata juga meninggalkan  keasaman di mulut. Sama seperti minuman kesehatan, asam akan mengikis enamel gigi dan membuatnya berlubang.
  • Minuman kesehatan. Pada minuman seperti ini, kandungan asamnya biasanya tinggi. Asam bisa merusak lapisan enamel yang menyebabkan noda tertinggal di gigi. Termasuk dalam minuman ini adalah soft drink.
  • Obat antibiotik. Kalau yang ini bukan makanan. Obat antibiotik yang dikonsumsi dalam jangka panjang bisa membuat gigi kuning. Pencetusnya adalah zat tetracycline yang mampu membuat gigi kuning secara permanen. Hanya saja, penggunaan zat ini mulai dikurangi dalam produksi antibiotik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda