Scroll to Top

Mobil Bertenaga Listrik Nirkabel Akan Diuji Coba di 2012

By Oktavianus Arthadiputra / Published on Sunday, 13 Nov 2011

Perkembangan teknologi tidak pernah berhenti. Selalu ada penemuan-penemuan terbaru yang dilakukan para ahli teknologi, yang mencengangkan dan membuat kita berdecak kagum. Satu contoh kota yang selalu melakukan inovasi terbaru dalam bidang teknologi adalah London, Inggris.

wireless car charging

Inovasi tersebut berupa mobil listrik yang dicanangkan akan menggunakan pengisian bahan bakar secara nirkabel. Wow, pernahkan Anda membayangkan memiliki mobil listrik yang seperti itu?

Uji coba teknologi dengan menghubungkan dua piranti tanpa menggunakan media kabel pada mobil listrik ini akan dilakukan London pada 2012. Rencana ini diambil setelah perusahaan Inggris yang memproduksi chip telepon seluler, Qualcomm, bermitra dengan Walikota dan Departemen Transportasi London.

Bahkan, persiapan yang sudah dilakukan untuk melaksanakan uji coba tersebut, diserahkan pada leading operator untuk infrastruktur pengisian bahan bakar mobil listrik di Eropa, Chargemaster. Perusahaan ini ditugaskan untuk menginstal sistem komputerisasi untuk pengisian bahan bakar mobil listrik.

Perdana Menteri Inggris, David Cameron, mengatakan bahwa teknologi pengisian bahan bakar secara nirkabel ini merupakan lompatan besar untuk industri mobil listrik.

“Saya senang bahwa London merupakan pusat utama bisnis teknologi  mobil listrik secara nirkabel, untuk pertama kalinya,” kata Cameron.

Dikabarkan, lebih dari 50 mobil listrik sudah menggunakan perangkat pengisian bahan bakar mobil listrik secara nirkabel. Mobil listrik itu termasuk armada taksi Addison Lee, yang selama ini sudah beroperasi di Kota London. Pengisian bahan bakar mobil listrik secara nirkabel dapat terisi sepenuhnya sekitar empat jam.

http://www.youtube.com/watch?v=z8l4JH6BG7Y

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda