Scroll to Top

Doni Kiper Baru Liverpool

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 12 Jun 2011

Menyusul seringnya kiper Jose Manuel Reina melakukan blunder, Liverpool bergerak cepat dalam bursa transfer kali ini. Tim yang diarsiteki Kenny Dalglish ini berhasil merekrut mantan kiper utama AS Roma, Doniéber Alexander Marangon atau lebih dikenal dengan nama Doni.

Dalam dua musim belakangan, Doni memang hanya duduk di bangku cadangan I Lupi. Ia tercatat hanya bermain 14 kali di semua kompetisi pada musim 2009/2010 dan 19 kali pada musim 2010/2011.

Doni mesti merelakan posisi penjaga gawang utama kepada Julio Sergio atau Artur Moraes. Cedera parah pada lututnya dan penyembuhannya yang agak lama membuat Doni kehilangan tempatnya.

Padahal, sebelumnya Doni adalah pemain penting. Ia dikenal karena kemampuannya menepis tendangan penalti. Bahkan, selama empat musim awal di Olimpico, Doni selalu menjadi pilihan utama.

Gara-gara perannya di AS Roma pula Doni terpilih masuk ke dalam timnas Brazil dalam Copa America 2007. Pilihan tersebut tidak salah. Doni menjadi salah satu tulang punggung Selecao menjuarai kompetisi paling bergengsi di Amerika Selatan tersebut.

Sayangnya, roda kehidupan berputar. Doni kini tak lagi memperkuat timnas Brazil terkait posisinya yang menggantung di Giallorossi. Pindah ke Liverpool bisa menjadi penyegaran dalam kariernya. Barangkali suasana baru di Anfield, yang fanatisme pendukungnya sangat tinggi, bisa mengembalikan kejayaan kiper berusia 31 tahun ini.

Yang menarik, musim depan akan terjadi persaingan tajam dua kiper yang sama-sama “dilupakan” oleh timnas masing-masing. Reina yang hanya menjadi cadangan di timnas Spanyol mestinya terlecut untuk persiapan Euro 2012 (meski ia dipastikan kalah bersaing dari Iker Cassilas dan Victor Valdes). Doni yang tidak masuk skuad Brazil di Copa America 2011 bisa menunjukkan bahwa ia masih menyimpan “sesuatu”.

Komentar Anda