Scroll to Top

Hasil Kualifikasi GP Abu Dhabi: Sebastian Vettel Ukir Pole Ke-14 Sepanjang Musim

By Rheza Fadhlillah / Published on Sunday, 13 Nov 2011

Sebastian Vettel Abu Dhabi

Sebastian Vettel catatkan rekor pole ke-14 sepanjang musim atas dirinya setelah sukses mengalahkan Lewis Hamilton pada duel yang berlangsung di sesi kualifikasi GP Abu Dhabi, Sirkuit Yas Marina.

Hasil tersebut membawa Vettel menyamai rekor yang pernah dicapai oleh Nigel Mansel yakni 14 kali pole dalam satu musim. Dengan satu seri lagi tersisa Vettel masih memiliki kesempatan untuk mencatatkan diri sebagai pembalap dengan raihan pole position terbanyak sepanjang sejarah F1.

Meskipun pada sesi ini Lewis Hamilton tampil cukup meyakinkan dengan merajai Q1 dan Q2, hal tersebut rupanya belum cukup untuk bisa meredam kekuatan Vettel. Vettel mencatatkan waktu satu menit 18.461 yang kemudian secara dramatis melompati Hamilton untuk menduduki pole position pada akhir kualifikasi Q3.

Jenson Button sementara itu berada di posisi ketiga terpaut selisih waktu tipis 0.009 detik dari rekan satu timnya, Hamilton, yang berada di depannya. Di belakang Button terdapat Mark Webber yang mengisi posisi keempat.

Duo Ferrari yang penampilannya tidak kunjung membaik hingga fase akhir musim ini mengisi dua posisi berikutnya secara berurutan. Fernando Alonso berada di posisi kelima terpaut 0.6 detik dari Vettel di posisi pole sementara Felipe Massa berada di posisi keenam terpaut 1.2 detik dari Vettel.

Nico Rosberg dan Michael Schumacer mengisi posisi ketujuh dan kedelapan untuk tim Mercedes, bersama Adrian Sutil dan Paul di Resta yang melengkapi posisi sepuluh besar. Di Resta menjadi satu-satunya pembalap yang tidak melakukan satu kali pun percobaan.

Vettel telah dua kali memenangkan seri GP Abu Dhabi dalam dua tahun terakhir sejak sirkuit Yas Marina resmi menjadi bagian dari kalender perjalanan Formula 1 pada tahun 2009. Satu diantara kemenangannya tersebut adalah saat-saat dimana ia sukses merebut posisi puncak klasemen dari Fernando Alonso pada tahun 2010.

Melihat peta kekuatan Red Bull yang sangat dominan pada musim ini, rasanya cukup beralasan kembali menempatkan Vettel sebagai unggulan pertama pada lomba Minggu nanti.

Sementara itu unggulan kedua pantas diberikan kepada Jenson Button yang dalam beberapa balapan terakhir konsisten berada di belakang Vettel. Hamilton layak mengisi unggulan ketiga setelah pada dua sesi latihan bebas sebelumnya ia berhasil tampil menjadi yang terbaik.

Hasil Kualifikasi GP Abu Dhabi, Sirkuit Yas Marina :

  1.  Sebastian Vettel Red Bull-Renault
  2.  Lewis Hamilton McLaren-Mercedes
  3.  Jenson Button McLaren-Mercedes
  4.  Mark Webber Red Bull-Renault
  5.  Fernando Alonso Ferrari
  6.  Felipe Massa Ferrari
  7.  Nico Rosberg Mercedes
  8.  Michael Schumacher Mercedes
  9.  Adrian Sutil Force India-Mercedes
  10.  Paul di Resta Force India-Mercedes
  11.  Sergio Perez Sauber-Ferrari
  12.  Vitaly Petrov Renault
  13.  Sebastien Buemi Toro Rosso-Ferrari
  14.  Bruno Senna Renault
  15.  Jaime Alguersuari Toro Rosso-Ferrari
  16.  Kamui Kobayashi Sauber-Ferrari
  17.  Pastor Maldonado Williams-Cosworth
  18.  Heikki Kovalainen Lotus-Renault
  19.  Jarno Trulli Lotus-Renault
  20.  Timo Glock Virgin-Cosworth
  21.  Daniel Ricciardo HRT-Cosworth
  22.  Jerome D’Ambrosio Virgin-Cosworth
  23.  Tonio Liuzzi HRT-Cosworth
  24.  Rubens Barrichello Williams-Cosoworth

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda