Scroll to Top

Barcelona Setengah Tahun Tak Terkalahkan

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 13 Nov 2011

Barcelona

Penalti Xabier Prieto di menit 82 memaksa Barcelona kalah oleh tuan rumah Real Sociedad 2-1. Peristiwa itu terjadi pada 30 April 2011 dan menjadi saat terakhir pasukan Pep Guardiola tak bisa membawa minimal 1 angka.

Ya, hingga saat ini, sudah 6 bulan lebih berlalu. Sepanjang waktu itu pula Barcelona belum terkalahkan.

Tercatat, sepanjang waktu itu Barcelona sudah bermain 25 kali. 16 di antaranya dilalui dengan kemenangan dan 9 kali berakhir imbang.

Barcelona pun mencatatkan rekor unik musim ini. Mereka, bersama Benfica, menjadi dua tim terakhir yang belum pernah terkalahkan di tingkat domestik dan Eropa.

Seperti halnya Barcelona, Benfica melaju di Grup C Liga Champions tanpa dinodai kekalahan. Yang agak aneh, kedua klub ini juga sama-sama menduduki peringkat kedua di klasemen liga domestik.

Barcelona yang 7 kali menang dan 4 kali seri, tertinggal 3 angka dari Real Madrid. Sementara, Benfica yang 7 kali menang dan 3 kali seri, kalah selisih gol dari FC Porto sehingga harus puas berada di posisi runner-up.

Sepanjang enam bulan lebih pula, sudah dua trofi yang dibawa Barcelona. Pertama, Piala Super Spanyol ketika menaklukkan Real Madrid dengan agregat 5-4. Kemudian, Piala Super Eropa ketika mereka melumat 9 orang Porto dengan skor 2-0.

Di Liga Champions, memang ada Manchester United, Chelsea, Arsenal, Real Madrid, AC Milan, APOEL, dan Bayern Muenchen yang sama-sama belum kalah. Namun, semua tim di atas sudah pernah pulang dengan poin 0 di liga domestik.

Manchester United dipecundangi Manchester City 1-6 di Old Trafford. Chelsea sudah tiga kali terhempas. Arsenal menelan empat kekalahan. Madrid sempat ditaklukkan Levante.

AC Milan terseok di awal perjalanan Serie-A. APOEL yang digdaya di Eropa, kehilangan angka hingga dua kali di liga Siprus. Bayern Muenchen terjegal dua kali pula di Bundesliga.

Lalu, dibandingkan dengan liga papan atas di Eropa, rekor Barcelona dan Benfica memang didekati oleh Juventus. Bianconeri belum terkalahkan di Serie-A dan mesti puas di peringkat empat. Bedanya, Juventus tak memainkan pertandingan apa pun di Eropa.

Dengan melihat statistik ini, siapa kira-kira yang mampu mengalahkan Barcelona untuk pertama kalinya kelak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda