Scroll to Top

Antisipasi Sepi Overtaking, Zona DRS Diperpanjang

By Rheza Fadhlillah / Published on Sunday, 13 Nov 2011

FIA akan memperpanjang zona DRS pertama pada Sirkuit Yas Marina  Abu Dhabi guna mengantisipasi sulitnya melakukan overtaking di Sirkuit tersebut.

Zona DRS pertama dari dua zona DRS yang akan diterapkan memiliki panjang awal 470 meter setelah tikungan ke tujuh. Namun, FIA memutuskan untuk memperpanjang zona DRS tersebut 75 meter dari panjang semula atau apabila ditotal menjadi 545 meter.

Abu Dhabi pic
Meskipun begitu, Langkah yang diambil FIA ini mendapat sambutan skeptis dari beberapa pembalap. Mereka merasa hal tersebut belum mampu berbicara banyak untuk mengatasi kesulitan mereka melakukan overtaking.

Jenson Button berkata kepada Autosport, “Berdasarkan pengalaman saya kemarin, saya mencoba DRS setelah keluar tikungan ketujuh hingga tikungan ke delapan, dan saya kesulitan untuk menyusul mobil lain. Jadi, memanjangkannya menjadi 75 meter tidak akan membuat banyak perbedaan.”

Sementara itu Hamilton tidak jauh berbeda dengan pendapat yang dikeluarkan rekan satu timnya tersebut. Ia berkata, “Mungkin mereka harus memanjangkannya lebih lagi. Saya tidak memiiki masalah yang sama seperti Jenson. Saya bersama Toro Rosso yang cukup cepat di lintasan lurus, saya menggunakan DRS dan ia tidak.”

Fernando Alonso pun memiliki pendapat yang sama dengan Button dan Hamilton. Alonso berkata,” Untuk DRS, kita harus menunggu sampai esok hari untuk mendapat jawaban yang jelas. Saya harap itu akan bekerja, namun tampaknya sangat sulit untuk mengetahuinya sekarang.”

Masalah sulitnya overtaking menjadi kendala utama sirkuit Yas Marina sejak pertama kali menggelar balap Formula 1 pada tahun 2009. Pada tahun 2010 Fernando Alonso menjadi korban sulitnya melakukan overtake setelah ditahan nyaris sepanjang lomba oleh Vitaly Petrov yang jelas Renault-nya masih kalah cepat dibanding Ferrari milik Alonso.

Kehadiran DRS diharapkan mampu mengurangi kesulitan tersebut. Kita lihat saja bagaimana kiprah DRS pada GP Abu Dhabi mempengaruhi banyaknya overtaking.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda