Scroll to Top

Atasi Thailand, Indonesia Maju ke Semifinal

By Wan Faizal / Published on Sunday, 13 Nov 2011

Timnas Indonesia U-23 akhirnya memastikan diri melaju ke babak semifinal Sea Games 2011 cabang sepakbola setelah mengandaskan perlawanan tim kuat, Thailand, dengan skor 3-1 di Stadion Gelora Bung Karno, Minggu (13/11).

Tekad untuk meraih kemenangan terlihat dari susunan pemain yang dipasang Rahmad Darmawan di awal laga. Trio striker Patrich Wanggai-Titus Bonai-Okto Maniani bermain di menit pertama. Sementara Ferdinand Sinaga yang bermain buruk saat laga melawan Singapura, harus rela tempatnya diambil alih Andik Vermansyah.

Pertandingan berjalan biasa saja selama 12 menit awal. Perubahan langsung terasa saat bek kiri Thailand, Theeraton Bunmathan, menerima kartu kuning keduanya di menit 12 setelah melanggar Andik.

Bermain dengan 10 orang memaksa Thailand lebih banyak bertahan. Sebaliknya Indonesia benar-benar memanfaatkan kecepatan yang dimiliki kuartet lini serangnya. Namun tak ada serangan yang cukup membahayakan.

Kebuntuan pecah di menit 33. Kerjasama Andik dengan Hasim Kipuw di sisi kanan berbuah manis. Umpan crossing Kipuw disambut tandukan Tibo yang langsung masuk ke gawang Thailand yang dijaga Ukrit Wongmeema.

Thailand balik mengancam. Namun tendangan Natarid Thammrododpon hanya melenceng tipis di samping gawang Kurnia Meiga. Hingga babak pertama berakhir, skor tetap 1-0 untuk keunggulan Garuda Muda.

Di babak kedua, suporter yang memadati GBK terhenyak setelah Thailand mendapat hadiah tendangan penalti setelah Abdul Rahman melanggar pemain Thailand. Padahal dari tayangan ulang, tackle yang dilakukan Abdul Rahman terlihat bersih. Ronnachai Rangsiyo yang maju sebagai eksekutor sukses menuntaskan tugasnya.

Dukungan yang luar biasa dari suporter Indonesia benar-benar membangkitkan semangat Egi Melgiansyah dkk untuk kembali mencetak gol. Dan itu terbukti di menit 61 ketika Patrich mampu memanfaatkan kelengahan pertahanan Thailand saat terjadi sepak pojok.

Kembali tertinggal membuat para pemain Thailand sedikit frustrasi. Akibatnya pelanggaran keras yang dilakukan Ekkasit Chaobut berbuah kartu merah kedua bagi Thailand setelah ia melanggar Andik dengan cukup keras.

Hanya bermain dengan sembilan pemain membuat Thailand kocar-kacir. Beberapa peluang didapatkan lagi oleh Indonesia. Sayang hingga memasuki menit 90 belum ada lagi gol yang tercipta.

Dan akhirnya kemenangan itu dapat dipastikan di menit 91. Serangan balik cepat yang dibangun Tibo dan Patrich memudahkan Ferdinand Sinaga yang masuk menggantikan Okto mencetak gol ketiga Indonesia. Hingga peluit akhir pertandingan berbunyi, Indonesia tetap unggul 3-1.

Kemenangan ini memastikan Indonesia maju ke babak semifinal setelah meraih sembilan poin hasil tiga kemenangan atas Kamboja, Singapura, dan Thailand. Sedangkan Thailand harus mengucapkan salam perpisahan pada Sea Games 2011.

Kemenangan ini juga melengkapi hasil manis yang ditorehkan Tim Putra Badminton Indonesia yang juga mampu mengalahkan Thailand dengan skor 3-2, Minggu (13/11) sore.

Bravo Merah-Putih !

http://www.youtube.com/watch?v=rviySf_HCtA

Susunan pemain:

Indonesia: 1. Kurnia Meiga, 15. Hasim Kipuw, 28. Abdul Rahman, 13. Gunawan Dwi Cahyo, 24. Diego Michiels, 8. Egi Melgiansyah, 26. Hendro Siswanto (6. Mahadirga Lasut 56’), 10. Okto Maniani (17. Ferdinand Sinaga 80’), 21. Andik Vermansyah (14. Lukas Mandowen 87’), 25. Titus Bonai, 27. Patrich Wanggai. Pelatih: Rahmad Darmawan

Thailand: 18. Ukrit Wongmeema, 3. Seeket Madputeh, 17. Pokklaw A-Nan, 20. Komkrit Cumsokcheak, 16. Sutjarit Jantakol, 8. Sarach Yooyen, 15. Theeraton Bunmathan, 12. Kroekrit Thawikan (Adisak Krisorn), 14. Natarid Thammrododpon (Ponlawut Donchui), 11. Isarapong Lilakorn (5. Ekkasit Chaobut), 9. Ronnachai Rangsiyo. Pelatih: Prapol Pongpanich

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda