Scroll to Top

Lima Jebolan Akademi La Masia Siap Hijrah dari Camp Nou

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 14 Nov 2011

Barcelona memiliki segalanya. Kekuatan lini per lini yang sama kuatnya. Plus, akademi La Masia yang memproduksi para pemain bintang.

Namun, menjelang Juni 2012 mendatang, lima pemain muda siap angkat kopor. Kontrak mereka belum diperpanjang dan klub-klub Eropa siap memburu.

Isaac Cuenca

Nama pertama adalah Isaac Cuenca.

Pemain temuan terbaru Pep Guardiola ini tampil begitu menjanjikan saat melawan Real Mallorca. Tampil pertama kali sebagai starter, Cuenca tidak canggung untuk mencetak gol layaknya seorang veteran.

Cuenca bisa menjadi alternatif ketika Fabregas, Pedro, dan Alexis Sanchez berkutat dengan cedera. Namun, pihak Barcelona belum melakukan penawaran apa pun hingga saat ini.

Martin MontoyaNama berikutnya, Martin Montoya.

Pemain ini sudah tampil 2 kali untuk Barcelona musim lalu. Meskipun saat ini masih memperkuat Barcelona B, Montoya adalah tulang punggung tim Spanyol U-21.

Pertengahan tahun 2011, Montoya sempat diisukan akan pindah ke Real Mallorca. Mengingat posisi Daniel Alves di tim utama tak tergantikan, bisa jadi pemain muda ini akan berancang-ancang pergi.

Dengan semua kehebatannya ini, Montoya masuk seleksi Vicente del Bosque untuk memperkuat timnas Spanyol senior. Sebuah rekor menarik untuk bek kanan yang bisa menjadi pemain sayap yang cuma berasal dari tim cadangan.

Namun, jika Pep Guardiola melihat sudah saatnya produk akademi La Masia mengisi semua lini, Montoya sangat mampu diharapkan.

Ada pula Marc Bartra. Pemain yang memulai debut dengan Barcelona musim lalu ini ingin tampil dalam tim utama.

La Masia

Namun, karena ia berposisi sebagai bek tengah, Bartra akan kesulitan menembus skuad Pep Guardiola.

Ada sosok Gerard Pique yang digadang-gadang akan menjadi kapten masa depan Barcelona. Plus, Andreu Fontas yang “lebih menjanjikan”.

Rafinha Alcantara, adik Thiago Alcantara, juga akan kehabisan kontrak musim ini. Berbeda dengan sang kakak yang menyalakan lini tengah Barcelona, Rafinha bisa terjengkang musim depan.

Jonathan Dos Santos, adik Giovanni Dos Santos, melakoni laga bersama Rafinha saat melawan L’Hospitalet. Namun, ia lebih beruntung.

Tercatat, Dos Santos yang berusia 21 tahun ini sudah bermain 2 kali untuk tim utama Barcelona musim 2011/2012.

Posisinya sebenarnya gelandang bertahan. Tapi, pertengahan pekan lalu, Pep memainkannya di posisi bek kanan.

Nama-nama ini bisa terbang kapan pun sejak Januari 2012 jika tidak ada perubahan berarti dari Barcelona. Rasanya sayang, tentu, membiarkan seorang pemain didikan akademi sendiri, pergi tanpa bayaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda