Scroll to Top

Aplikasi Wild Bantu Konservasi Hewan Langka

By Oktavianus Arthadiputra / Published on Saturday, 26 Nov 2011

Ramai dibicarakan di media massa berita tentang kepunahan hewan langka. Gerakan konservasi dan penyelamatan lingkungan serta hewan pun gencar dilaksanakan. Gerakan kampanye yang dipersembahkan untuk menjaga (bahkan kalau bisa mengembangkan) hewan yang terancam punah, disampaikan dalam berbagai media.

badak
Kampanye peyelamatan hewan juga merambah dalam bentuk aplikasi untuk telepon seluler. Cara ini dilakukan mengingat teknologi gadget yang semakin berkembang, dan kebutuhan manusia yang tidak bisa lepas dari telepon selulernya.

Terobosan baru gerakan penyelamatan hewan itu dilakukan oleh Zoological Society of London (ZSL), dengan mengeluarkan aplikasi untuk telepon seluler bernama Wild. Aplikasi ini dapat digunakan oleh semua orang untuk mengidentifikasi hewan.

Aplikasi Wild diluncurkan pada Senin (14/11). Kegunaan dari aplikasi Wild adalah untuk mengidentifikasi hewan menggunakan kamera yang memiliki sensor gerak. Seperti hewan liar yang ada di Kenya, Sri Langka, dan Mongolia.

Direktur konservasi Zoological Society of London, Jonathan Baillie, mengatakan bahwa dengan adanya aplikasi Wild dapat membantu mengidentifikasi hewan-hewan.

“Kita perlu dukungan yang besar untuk upaya penyelamatan hewan langka dan mengkonservasikannya kembali,” katanya.

Sangat mudah untuk mendownload aplikasi Wild di telepon seluler. Kamera seluler yang sudah terpasang aplikasi ini bisa merekam hewan yang berada didekat pemilik seluler, seandainya sedang berada di alam bebas atau melihat hewan langka yang dipelihara di kandang tanpa izin.

Pemilik seluler juga bisa langsung membagikan gambar hewan langka yang direkam, dengan sebelumnya menanyakan kepunyaan siapa hewan yang direkam (bila merekam hewan dalam kandang), dan melaporkan kondisi hewan tersebut kepada pihak berwajib atau kelompok pecinta lingkungan yang ada di daerah terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda