Scroll to Top

Chip Buatan Nvidia Akan Digunakan Untuk Supercomputer

By Ivan Azzam / Published on Monday, 14 Nov 2011

Nvidia melakukan inovasi baru lagi, kali ini mereka mengembangkan chip, dengan kode nama Tegra yang akan digunakan untuk supercomputer.

Supercomputing Center

Nvidia mengatakan di Barcelona Supercomputing Center hari ini (14/11) bahwa mereka sedang mengembangkan hybrid supercomputer baru, yang akan menggabungkan CPU yang efisien dalam energi, berbasis arsitektur chip ARM, dengan GPU (graphic processing unit) milik Nvidia.

Tujuannya? Untuk mengembangkan suatu sistem yang akan efisien dalam energi dua hingga lima kali lipat dibandingkan dengan sistem komputer saat ini.

Pemimpin proyek ini, yaitu proyek Mont-Blanc, Alex Ramirez mengatakan dalam statemennya:

Kebanyakan CPU saat ini mengkonsumsi 40 persen daya atau lebih, dalam proyek Mont-Blanc diharapkan bisa meningkatkan efisiensi energi 4-10 kali lipat pada 2014 nanti.

Nvidia juga mengumumkan pada hari ini bahwa National Center for Supercomputing Applications di University of Illinois, Urbana-Champaign mengembangkan proyek bernama Blue Waters, dimana proyek ini berusaha membuat sistem komputer tercanggih di dunia. (via CNET)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda