Scroll to Top

Bila Keluarga Punya Riwayat Kanker Payudara, Hindari Alkohol Sekarang Juga

By Ika / Published on Tuesday, 15 Nov 2011

Sebelumnya telah ada sebuah studi ilmiah yang menghubungkan wine dengan resiko kanker payudara (baca beritanya di sini). Kali ini ilmuwan mencoba mengkaitkan hubungan antara minuman beralkohol dengan resiko kanker pada seorang gadis yang keluarganya memiliki riwayat kanker.

breast cancerKetika seorang ibu menderita kanker payudara, bisa jadi anak perempuannya akan ikut ketakutan akan penyakit ini karena khawatir ia akan terkena penyakit yang sama dengan ibunya.

Sebagaimana dikutip Sidomi News dari Reuters, tim ilmuwan dari Amerika Serikat menemukan cara yang sederhana untuk menurunkan resiko terkena kanker payudara terhadap seorang anak yang ibunya pernah diserang penyakit tersebut. Mereka menyarankan agar anak perempuan tersebut menghindari minuman alkohol.

Sebuah penelitian telah dilakukan terhadap 7.000 gadis berusia antara 9 – 15 tahun. Studi tersebut dilaksanakan selama kurang lebih 10-11 tahun. Para partisipan yang terlibat dalam penelitian sudah dipastikan memiliki keluarga dengan riwayat kanker payudara (baik kanker payudara ganas maupun yang jinak), bisa dari ibu, bibi, atau nenek mereka.

Dari pengamatan, diketahui bahwa beberapa dari partisipan yang sudah berusia 20 tahunan, menjadi peminum berat. Setelah dilakukan penelitian lebih lanjut, 3,1% di antara mereka yang sering mengkonsumsi alkohol setiap harinya, memiliki penyakit payudara jinak (bisa berupa nyeri atau benjolan jinak). Sedangkan bagi mereka yang bukan atau tidak pernah meminum alkohol, hanya 1,3% yang terserang penyakit payudara jinak. Walau bukan termasuk kanker, hal tersebut bukan tidak mungkin akan memicu kanker payudara di kemudian hari.

“Harus disadari bahwa meminum alkohol dapat meningkatkan resiko mereka sendiri terhadap penyakit payudara dan kanker payudara di kemudian hari,” kata seorang peneliti bernama Catherine Berkey.

Namun ada pula beberapa pihak yang tidak yakin dan memiliki pendapat yang sedikit berbeda, bahwa riwayat kanker payudara dalam keluarga ditambah dengan konsumsi alkohol bukan berarti akan meningkatkan resiko kanker payudara pada seorang gadis. Walau begitu para peneliti tetap mengingatkan bahwa ada baiknya untuk menghindari minuman beralkohol untuk menjaga kesehatan, termasuk menghindari resiko kanker payudara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda