Scroll to Top

FastRunner, Robot “Burung Unta” Canggih Untuk Militer

By Ivan Azzam / Published on Tuesday, 15 Nov 2011

Satu lagi robot canggih yang mampu dibuat manusia, kali ini adalah robot “burung unta”. Lembaga bernama Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) meminjam anatomi dari burung unta, burung yang dikatakan sebagai burung pelari tercepat di dunia, untuk dijadikan proyek robot terbaru mereka.

Ostrich robot

Robot yang diberi nama FastRunner tersebut adalah salah satu robot yang diklaim mereka sebagai robot yang cepat, ringan, dan bipedal (berkaki dua) yang bisa menjelajah di permukaan/tempat yang sulit dilalui manusia.

Tim dari DARPA ini dibentuk dari orang-orang ahli robotika dari MIT, serta Institute for Human and Machine Cognition (IMHC). Ahli robot dari MIT mengerjakan algoritma robot tersebut dan desainnya, sedangkan ahli robot dari IMHC merancang konstruksi sungguhan dari robotnya.

Tim tersebut membuat kaki robot yang ringan dan menjaga keseimbangan robot tersebut selama bergerak. Berat dari robot ini hanya sekitar 36 kg saja dan tingginya 1,3 meter.

Lalu apa tujuan sebenarnya pembuatan FastRunner? Jawabnya adalah demi tujuan militer, dimana tentara bisa menempatkan robot pelari cepat tersebut di medan perang/semacamnya dan melewati daerah terjal, ataupun mengantarkan barang yang penting bagi tentara lainnya tanpa harus mempertaruhkan nyawa tentara lainnya.

Kalau dipikir, sedikit mirip dengan robot dari film populer Star Wars bukan? Penasaran ingin lihat bagaimana robot ini beraksi? Tonton video FastRunner dibawah ini:

(via Geek)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda