Scroll to Top

Poligami di Silicon Valley: Jack Dorsey Sang Pendiri Twitter

By Oktavianus Arthadiputra / Published on Wednesday, 16 Nov 2011

jack-dorsey-twitterApa jadinya jika ‘selingkuh’ dilakukan oleh seseorang di dua tempat kerja sekaligus? Pastinya sangat susah membagi waktu. Tapi, itulah yang terjadi pada Jack Dorsey. Dorsey ‘berbagi hati’ antara perusahaan Twitter dan Square.

Dorsey menjadi Direktur Eksekutif di Twitter. Sedangkan di Square, perusahaan startup pembayaran kartu kredit secara mobile, ia memegang jabatan sebagai CEO. Memegang jabatan penting di dua perusahaan besar itu pastinya membuat subur pundi-pundi emasnya.

Pendapatan yang tinggi setimpal pula dengan tanggungjawab bekerja. Ia menjadi orang paling sibuk. Setiap hari, Dorsey menghabiskan 16 jam waktunya untuk bekerja. Masing-masing, 8 jam di setiap perusahaan. Setiap menit adalah waktu yang sangat berharga baginya.

“Satu hal yang harus dilakukan adalah disiplin. Saya menerapkan hal itu setiap hari,” ujarnya saat diwawancarai CNN di Tucson.

Selain disiplin, Dorsey juga harus selalu fokus. Perhatiannya harus tercurah penuh pada perkembangan dua perusahaan di bidang teknologi itu, setiap waktu. Ia ‘bermain’ dengan grafik dan statistik kemajuan perusahaan, serta pengembangan perencanaan yang harus dilakukan untuk mempertahankan dan meningkatkan prestasi perusahaan.

Apa agenda kerja Dorsey setiap hari? Tanpa takut dicontek oleh para kompetitornya, ia memaparkan agenda tetap yang dilakoninya.

  • Senin    : Membuat pertemuan dan membahas kemajuan kerja perusahaan
  • Selasa   : Merencanakan pengembangan produk
  • Rabu     : Mengawasi marketing, melakukan komunikasi bisnis dan perkembangan perusahaan
  • Kamis   : Lobi penjualan produk dan kemitraan dengan perusahaan lain
  • Jumat   : Evaluasi kemajuan dan kinerja karyawan di perusahaan

Weekend Lebih Santai

Tuntutan kerja di dua perusahaan teknologi yang sedang berkembang pasti akan membuat keningnya sering berkerut. Sebagai manusia biasa, Dorsey juga membutuhkan waktu santai dari tekanan pekerjaan.

JackDorsey

Waktu yang sangat berharga baginya membuang penat adalah saat weekend. Ia bisa sedikit bernafas lega dan berleha-leha, dengan membuat agenda khusus guna menghibur diri. Sabtu dimanfaatkannya untuk hiking (panjat tebing), sedangkan Minggu dimaksimalkan untuk refleksi, mereview pekerjaan, dan membuat strategi.

Ia tak menampik mengenai adanya interupsi dari dua perusahaan tempatnya bekerja. Namun, ia mengaku bisa mengatasi semua interupsi tersebut. Dengan melakukan kerja yang maksimal dan disiplin dalam melakukan semua agenda yang sudah dibuat, ia tak mengalami kesulitan apapun dalam bekerja.

Dorsey merupakan orang yang pertama kali mendisain layanan mikroblogging Twitter. Ia juga turut mendirikan Twitter di 2006. Namun, ia keluar dan mendirikan perusahaan Square. Awal tahun 2011, Dorsey kembali dipanggil Twitter dan dipercaya untuk menjabat direktur eksekutif di perusahaan itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda