Scroll to Top

Jadwal Indonesian Premier League Masih “Berantakan”

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 15 Nov 2011

Menyusun jadwal liga untuk klub-klub Indonesia barangkali pekerjaan terberat. Setidaknya, demikianlah yang terjadi untuk PT LPIS (Liga Prima Indonesia Sportindo).

Persiba-BantulBulan lalu, mereka dituding tidak becus menyusun jadwal oleh klub-klub yang menolak bergabung dengan Indonesian Premier League. Jadwal yang dibuat terkesan ngawur.

Sebuah klub kadang hanya memiliki jeda dua hari untuk beristirahat. Padahal, 2 hari itu digunakan tim untuk transportasi dari sebuah laga ke laga lain. Alhasil, para pemain hanya bisa beristirahat sepanjang perjalanan. Jelas hal ini tidak masuk akal.

Kala itu, PT LPIS menyebut bahwa jadwal tersebut masih berupa draft kasar. Artinya, bisa diubah sewaktu-waktu. Sebulan ini, mereka menggodok jadwal sematang mungkin. Sementara dalam waktu yang sama, beberapa klub memisahkan diri untuk mendirikan Liga Super Indonesia kembali.

Beberapa hari lalu, PT LPIS kembali merilis jadwal yang hanya dimiliki klub-klub peserta LPI. Namun, lagi-lagi jadwal yang nyaris tidak mungkin tercipta.

Adalah Persiba Bantul, juara Divisi Utama musim lalu yang mengajukan pertimbangan agar PT LPIS merevisi jadwal tersebut.

Kendala yang dihadapi Persiba adalah masa istirahat. Pada tanggal 12 Januari 2012, Persiba akan bertandang ke Malang.

Namun, dua hari kemudian, 14 Januari, mereka sudah bertanding lagi melawan PSM di Makassar. Jeda yang begitu singkat tersebut, bisa dikatakan mustahil. Dalam pandangan ekstrem, seolah Persiba hanya diminta datang ke Makassar untuk pulang kembali.

PT LPIS sendiri mungkin masih bisa beralasan bahwa jadwal ini belum benar-benar prima. Mengingat jumlah peserta liga juga belum pasti, apakah 16 atau 17.

Setelah mendapatkan dukungan dari banyak pihak, mulai dari AFC, Menpora, hingga terakhir BOPI, tentu keinginan menjaga profesionalitas harus dijaga. Selama ini, LPI mungkin dilihat sangat profesional dalam urusan bisnis, tidak seperti pendahulunya.

Namun, jadwal pertandingan juga merupakan hal esensial. Jangan sampai pemain hanya dijadikan mesin yang seolah tak punya rasa lelah.

Persiba Bantul sendiri dalam keadaan onfire menuju LPI. Dalam ujicoba terakhir, Selasa 15 November 2011, mereka mengandaskan Sriwijaya FC 2-0.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda