Scroll to Top

Real Madrid Tim Terbanyak Meraih Kemenangan di Eropa

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 15 Nov 2011

Sepakbola modern adalah statistik. Ketika tim Anda menyerang sampai mati, tapi tidak menghasilkan gol, tim tersebut tidak dianggap. Ketika tim bermain cemerlang di liga, tapi kondisi keuangan amburadul, siap-siaplah berlaga di divisi bawah.

Real Madrid 2

Maka kemenangan adalah harga mutlak. Tidak peduli cara yang dipilih, 3 angka wajib dimiliki. Lahirlah manajer-manajer pragmatis yang tak peduli permainan indah.

Namun, hal itu tak berlaku ketika melihat siapa tim terbanyak meraih kemenangan di Eropa. Real Madridlah yang ada di sana.

Meraih 9 kemenangan di liga dan mencetak rekor murni di Liga Champions, Los Blancos tercatat mengemas 13 kali meraih angka sempurna. Dibandingkan dengan para pemuncak klasemen di liga top Eropa (Premier League, Serie-A, Bundesliga, dan Ligue 1), Madridlah yang paling perkasa.

Manchester City boleh saja memiliki rekor luar biasa di Liga Inggris. 10 kali berlaga, City cuma sekali bermain imbang. Namun, di tingkat Eropa, permainan City baru membaik setelah matchday 2 Liga Champions. Mereka hanya memetik 2 kemenangan dari 4 laga Liga Champions. Duduklah City di bawah Madrid dengan 12 kemenangan.

Di bawah mereka, ada klub yang belakangan memegang rekor unik. Ya, Bayern Muenchen sang penguasa Liga Jerman. Tercatat, Muenchen selalu memenangi Bundesliga sekali dalam dua tahun.

Musim ini, Muenchen yang sempat tak terbobol lebih dari 1100 menit, berkuasa di liga domestik dan Eropa. 9 kemenangan di Bundesliga sejajar dengan 3 kali menang di Liga Champions. Kedudukan mereka dengan Manchester City pun imbang, sama-sama meraih 3 angka dalam 12 laga.

Di bawah ketiga pemuncak ini, bukanlah pemimpin klasemen Liga Italia. Melainkan, Ligue-1. Siapa lagi kalau bukan klub yang baru bangun tidur setelah sekian lama, PSG. Dengan modal kekayaan luar biasa, PSG berhasil meraih 9 kemenangan di liga lokal. Plus, 2 kali menang di Europa League. Total, ada 11 kali kemenangan yang diraih skuad Paris.

Liga Italia berada di peringkat terbawah di antara lima liga terbaik Eropa. Udinese sang pemuncak, terlalu banyak bermain seri. Mereka hanya mencatat 6 kemenangan. Hasil ini didukung dengan 2 kali menang di Europa League. Alhasil, tim yang bermarkas di Stadion Friulli 8 kali meraup tiga angka.

Kemudian, jika seluruh tim dihitung, tidak hanya pemuncak klasemen saja, Madrid toh tetap terdepan. Sang rival abadi, Barcelona, cuma mendapatkan 10 kemenangan (tanpa menghitung Piala Super Eropa dan Piala Super Spanyol). Klub penguasa Inggris, Manchester United, cuma mendapatkan 10 kemenangan pula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda