Aplikasi Untuk Menemukan Gadget Anda Yang Hilang

iphone-hilangAnda yang pernah kehilangan telepon seluler dan laptop, mungkin selama ini selalu mengandalkan bantuan jampi-jampi dukun yang konon kabarnya terkenal bisa mengembalikan barang yang hilang.

Dan, abrakadabra, jampi-jampi dukun itu tidak bisa mengembalikan bentuk utuh barang Anda yang hilang. Bila jampi disertai dengan semburan air kumur-kumur dukun, semakin apeslah Anda. Barang hilang tak kembali, jerawat pun tumbuh mekar akibat air kumur si dukun.

Di era modern dan kemajuan teknologi yang semakin berkembang, Anda tak perlu khawatir bila kehilangan atau ketinggalan telepon seluler dan laptop. Data-data penting yang Anda save dalam gadget itu, pasti akan Anda peroleh kembali.

Bantuan teknologi akan membantu Anda mengetahui dimana posisi gadget Anda. Ditambah lagi, jika dicuri orang, Anda bisa melaporkan ke pihak berwajib siapa yang mengambil gadget Anda. Bagaimana bisa?

Ada aplikasi dan program bagi Anda yang kehilangan telepon seluler dan laptop. Tinggal download di seluler atau laptop Anda, alat pelacak keberadaan lokasi gadget pun siap untuk berkerja. Berikut program dan aplikasi tersebut.

Find My iPhone

Bila Anda memiliki iPhone, khususnya produk Apple, pelacakan posisi iPhone Anda yang ketingalan atau dicuri bisa diketahui menggunakan program ini. Find My iPhone ditemukan pada perangkat iOS baru. Program ini gratis untuk pengguna iPhone 4, iPad, atau generasi ke-4 iPod layar sentuh.

Pelacakan yang dilakukan oleh program Find My iPhone langsung dilakukan dengan GPS. Program ini juga memungkinkan Anda untuk menghapus isi perangkat iPhone dari jauh. Sehingga, Anda bisa melindungi data penting yang ada di iPhone.

Where’s my Droid

Bagi orang yang berpenyakit pelupa akut, pastilah membingungkan bila mencari smartphone yang Anda lupa dimana menyimpannya. Cara satu-satunya adalah dengan menghubungi nomor seluler Anda. Tapi, bagaimana jika ternyata bunyi dering Anda silentkan? Bukannya membantu, malah tumbuh tanduk di kepala Anda.

Bila mengalami hal ini, Anda cukup bersikap tenang. Karena, ada program Where’s my Droid yang siap membantu. Program ini menggunakan satu deret tulisan khusus yang akan mengaktifkan nada dering yang diseting silent.

Setelah program ini dijalankan, secara otomatis smartphone Anda akan berdering saat dilakukan panggilan. Program ini juga dapat memperoleh data GPS untuk smartphone Anda. Cukup dengan mengirim pesan ke smartphone milik Anda, dan respon segera diperoleh beserta lokasi posisi smartphone Anda.

Prey

Program ini akan melacak keberadaan laptop Anda seandainya dicuri oleh orang lain. Program Prey akan memberitahukan lokasi laptop Anda. Meski tidak terkoneksi ke internet, Prey akan berusaha menemukan jaringan hotspot terdekat. Untuk mengirimkannya, Anda hanya perlu mengirim pesan ke laptop melalui telepon seluler atau komputer lain.

Prey juga menawarkan berbagai fitur lain. Anda dapat mengambil screenshot, untuk melihat apa yang terjadi pada laptop Anda. Selain itu, informasi pribadi yang tersimpan di laptop, seperti password,  dapat disembunyikan melalui pengaturan jarak jauh.

Paling dahsyat, program ini dapat mengatifkan webcam laptop Anda, sehingga bisa mengetahui siapa orang yang sedang menggunakan laptop tersebut. Pastinya, program Prey super duper sangat membantu.

Lookout

Aplikasi ini akan melindungi iPhone atau Android Anda dari serangan kejahatan dunia maya. Termasuk, memblokir serangan dari Wi-Fi, Bluetooth, dan isi pesan singkat. Lookout akan mem-backup data penting Anda keakun online. Cara ini bisa membuat Lookout membantu menemukan smartphone Anda yang hilang atau dicuri.

Plan B

Apa yang bisa Anda lakukan saat kehilangan smartphone dan belum meng-install semua program di atas? Jangan berpikir untuk kembali mendatangi dukun. Tidak ada solusi di sana. Hanya mendatangkan penyakit (akibat simburan air kumur dukun) dan kerugian materi. Jika smartphone Anda bertipe Android, ada solusi saat kehilangan atau kelupaan Android Anda.

Solusi itu adalah aplikasi bernama Plan B. Aplikasi ini memungkinkan untuk menginstal smartphone Anda dari jauh, bila smartphone tersebut hilang. Setelah selesai meng-instal, Anda akan mendapatkan laporan koordinat lokasi smartphone Anda melalui e-mail.

Aplikasi ini merupakan hasil kerjasama antara Android Market dan Google. Plan B dapat melacak telepon dan update e-mail yang terkirim dari smartphone Anda. Aplikasi ini tidak memiliki penghapus data atau fitur keamanan perangkat seluler dari aplikasi terinstal.

Nah, semua aplikasi di atas akan bekerja layaknya seorang detektif swasta yang tak kasat mata. Ketersediaan aplikasi tersebut tentunya sangat membantu Anda. Syaratnya, Anda harus memiliki smartphone yang sesuai untuk aplikasi tersebut. Sangat tidak mungkin bagi Anda yang memiliki telepon seluler baheula yang ketinggalan zaman.

Komentar Anda

Leave A Response