Scroll to Top

Bertelur Dalam Usia 50 Tahun, Penyu Tempayan Terancam Punah

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 17 Nov 2011

Tahukah Anda? Sebagian penyu di dunia perlu mendapat perhatian serius karena jumlahnya yang makin langka. Perburuan terhadap penyu tidak sebanding dengan masa yang diperlukan penyu untuk menjadi dewasa. Contohnya adalah jenis penyu tempayan atau caretta caretta. Ternyata penyu ini butuh waktu 50 tahun untuk menginjak usia dewasa dan siap bereproduksi lagi.

Dari publikasi jurnal Functional Ecology, terungkap, penyu tempayan betina baru bisa regenerasi dengan bertelur setelah umur 45 tahun. Waktu ini sudah cukup membuat punah jika eksploitasi penyu dilakukan secara besar-besaran oleh manusia. Kesimpulan ini didapatkan setelah dilakukan pengumpulan data bertahun-tahun  soal pertumbuhan penyu. Sekaligus, hasil ini memperbarui temuan sebelumnya yang menyatakan usia dewasa penyu antara 10-35 tahun.

Seperti rilis National Geographic, lamanya penyu menuju kematangannya maka populasi juga kurang bisa diharapkan menjadi besar. Upaya konservasi menjadi pilihan wajib untuk menjaga dari kepunahan.

“Semakin lambat seekor hewan masuk ke usia dewasa, semakin terancam pula populasi hewan itu dari kebinasaan yang diakibatkan oleh manusia,”kata Graeme Hays, peneliti di  University of Swansea, Inggris.

Dengan temuan ini, dapat dijadikan acuan seberapa lama upaya konservasi harus dilakukan. Sehingga, perencanaan untuk konservasi bisa berjalan terarah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda