Scroll to Top

Dimasak atau Dijadikan Lalapan, Daun Bawang Tetap Bergizi Tinggi

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 17 Nov 2011

Pada beberapa menu, daun bawang menjadi pelengkap yang akan melezatkan masakan. Misalnya soto, mie ayam, mendoan, dan sebagainya. Bahkan, di Semarang, daun bawang dijadikan lalapan sembari menikmati lezatnya lumpia basah. Memang nafas di mulut jadi agak sedikit bau, tapi sebanding dengan kepuasan menyantapnya.

Pemakaian daun bawang pada masakan bukanlah hal baru. Bangsa China sudah menerapkannya sejak 5 ribu tahun lalu. Kalau di kalangan masyarakat Mesir Kuno, tanaman bawang malah dijadikan simbol alam semesta.

Di samping itu, manfaat daun bawang cukup besar buat kesehatan. Saat Anda menambahkannya pada masakan, dia mampu berperan untuk menurunkan kadar gula di tubuh, melancarakan dan mengobati masalah pencernaan, dan melancarkan peredaran darah. Ini juga berlaku saat Anda memakannya mentah. Kadang kala, daun bawang juga dipakai sebagai pereda flu.

Berbagai manfaat tersebut ditunjang dengan aneka zat gizi di dalamnya. Seperti vitamin A, C, K, dan berbagai mineral. Daun bawang punya khasiat yang merupakan perpaduan bawang dan sayuran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda