Scroll to Top

Hasil Akhir MotoGP Silverstone: Repsol Honda Kuasai Balapan

By Rheza Fadhlillah / Published on Sunday, 12 Jun 2011

Podium satu dan dua pada balapan di Sirkuit Silverstone kali ini menjadi milik tim pabrikan asal Jepang, Repsol Honda. Pembalap mereka, Casey Stoner dan Andrea Dovisiozo berhasil tampil memukau untuk bisa menaklukan sirkuit Silverstone yang berada dalam kondisi basah sejak awal balapan. Colin Edwards dari Yamaha Tech3 datang melengkapi podium ketiga. Sementara Nicky Hayden dari Ducati sukses mencatat raihan waktu tercepat dengan 2:21.432 pada lap 17.

Balapan kali ini dimulai dengan kondisi sirkuit basah. Lorenzo yang melakukan start dengan baik langsung mengisi posisi terdepan. Start dari posisi kelima Dovisiozo berhasil menempatkan diri dibelakang Lorenzo pada tikungan awal diikuti Stoner di posisi ketiga. Tak butuh waktu lama bagi duet Repsol Honda untuk mengambil alih posisi Lorenzo pada lap pertama.

Lap kedua, terjadi duel seru antar pembalap Repsol Honda di posisi terdepan. Stoner pun berhasil menjadi pemenang duel tersebut untuk menduduki posisi pertama. Sementara Dovisiozo di posisi kedua terus dibayangi Lorenzo dan Simoncelli.

Drama jatuhnya pembalap-pembalap unggulan dimulai seiring dengan kondisi sirkuit yang memburuk karena hujan yang tak kunjung usai pada pertengahan lap. Ben Spies menjadi korban pertama ganasnya sirkuit Silverstone. Pembalap asal USA tersebut kabarnya harus mendapatkan perawatan serius akibat hal ini. Selang beberapa lap  setelah kecelakaan yang menimpa Ben Spies, Lorenzo menyusul pada tikungan pertama selepas lintasan lurus. Ia harus menghadapi kenyataan untuk pertama kali dirinya gagal finis di musim ini. Simoncelli  harus menunda keinginannya untuk meraih podium  setelah ia menjadi pembalap ketiga yang mengalami kecelakaan pada balapan ini.

Stoner yang tak terbendung berhasil finis di posisi pertama unggul 15 detik dari rekan satu timnya Dovisiozo. Ini menjadi balapan yang luar biasa bagi Repsol Honda. Sebaliknya bagi Yamaha Factory Racing ini merupakan balapan terburuk karena tak ada satu pun pembalapnya yang berhasil finis.

Hasil Air Asia British Grand Prix

  1. Casey Stoner AUS Repsol Honda 47:53.459
  2. Andrea Dovisiozo ITA Repsol Honda +15.159
  3. Colin Edwards USA Yamaha Tech3 +21.480
  4. Nicky Hayden USA Ducati Team +26.984
  5. Alvaro Bautista SPA Rizla Suzuki +35.569
  6. Valentino Rossi ITA Ducati Team +1:04.526
  7. Karel Abraham CZE Cardion AB +1:32.650
  8. Toni Elias SPA LCR Honda +1:51.350
  9. Hiroshi Aoyama San Carlo Honda +1:52.350
  10. Loris Capirossi ITA Pramac Racing +2:03.312
  11. Hector Barbera SPA Mapfre Aspar Team 1 Lap
  12. Randy de Puniet FRA Pramac Racing 1 Lap

DNF

  1. Marco Simoncelli ITA San Carlo Honda
  2. Jorge Lorenzo SPA Yamaha Factory
  3. Ben Spies USA Yamaha Factory

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda