Scroll to Top

Tips Mendapatkan Tidur Nyenyak di Malam Hari

By Ilham Choirul / Published on Monday, 09 Feb 2015

Perempuan ini Pekerjaannya Hanya Tidur_17

Tidur malam berkualitas diperlukan tubuh untuk mendapatkan kesegaran di pagi hari. Selain itu, tidur cukup di malam hari turut membantu proses perbaikan dalam sistem tubuh, termasuk proses detoksifikasi di kala tubuh beristirahat. Oleh sebab itu, tidak dianjurkan untuk sering begadang.

Untuk mendapatkan tidur nyenyak sebenarnya bisa diusahakan. Dikutip dari laman Care2, ini beberapa tipsnya:

  1. Siapkan kondisi yang mendukung untuk tidur lelap. Suasana gelap tanpa cahaya atau mungkin remang-remang adalah sarana yang tepat untuk menggugah rasa kantuk.Suhu udara juga perlu dibuat nyaman, tidak panas maupun dingin. Tidur dalam kondisi gelap dan lelap memberikan kebaikan bagi kesehatan.
  2. Tentukan jam tidur dan durasinya. Biasakan sudah berada di tempat tidur sebelum tengah malam. Usahakan pula mendapatkan durasi tidur mulai dari 5 jam hingga 8 jam. Sesuaikan dengan kebutuhan tubuh Anda sehingga terasa segar setiap pagi. Hindari tidur tengah malam (begadang) yang justru menjadi Anda bangun kesiangan dan tidak bersemangat. Kebiasaan begadang juga memicu obesitas dan diabetes tipe 2.
  3. Rutin berolahraga. Olahraga adalah salah satu cara mendapatkan tidur nyenyak di waktu malam. Sirkulasi darah lebih lancar dan pikiran pun cenderung lebih tenang.
  4. Menghindari menggunakan gadget sebelum tidur. Cahaya yang keluar dari gadget justru membuat mata terjaga. Anda menjadi tidak mengantuk dan lebih asik untuk mengoperasikan gadget. Jauhkan diri dari gadged kira-kira 30 menit sebelum tidur.
  5. Mendengarkan lagu pengantar tidur. Lagu yang tenang turut menurunkan ketegangan pikiran. Ini menjadi modal awal untuk menuju tidur yang nyenyak.
  6. Menghindari makanan atau minuman yang membuat tidur terganggu. Sebelum tidur usahakan tidak mengonsumsi makanan yang kaya gula atau punya karbohidrat kompleks. Contohnya hindari roti, nasi, dan sebagainya. Hindari pula minuman berkafein seperti kopi atau teh.

Komentar Anda