Scroll to Top

Peserta Indonesian Premier League Wajib Mainkan Pemain U-21 Minimal 1200 Menit

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 16 Nov 2011

Lima kali berlaga, lima kali pula timnas senior tak berkutik. Di hadapan negara-negara besar seperti Iran, Bahrain, dan Qatar, Bambang Pamungkas dkk. tidak hanya kalah total, tetapi juga tak punya gereget bermain.

Indonesian Premier League

Banyak revolusi yang mesti dilakukan demi membentuk timnas yang tangguh. Tidak hanya berujicoba dengan tim-tim elite dunia, tetapi juga mempersiapkan mental yang mudah loyo. Termasuk, memberi kesempatan kepada para pemain muda untuk lebih banyak mendapatkan jatah tampil. Baik di timnas, maupun di kompetisi domestik.

Atas dasar keinginan memiliki timnas yang bisa berbicara di tingkat internasional inilah PT LPIS,  pengatur kompetisi Indonesian Premier League, melakukan langkah jitu. Dipastikan, musim depan ada peraturan baru.

Pemain U-21 yang ada di klub wajib bermain minimal selama 1200 menit. Kalau dibuat rerata, para pemain “bau kencur” itu wajib tampil dalam 13,3 pertandingan sepanjang kompetisi. Jika ada klub yang berani melanggar ketentuan ini, dipastikan PT LPIS akan memberi sanksi tegas.

Dengan cara ini, Liga Prima Indonesia tidak hanya menghasilkan persaingan memburu gelar juara. Tetapi juga menjadi ajang penetasan bibit muda berbakat. Targetnya, pemain U-21 yang bermain di musim 2011/2012 akan menjadi cikal bakal timnas U-23 untuk SEA Games 2013.

Terobosan ini dinilai baik oleh klub-klub peserta LPI. Seharusnya, insan sepakbola tanah air juga demikian.

Selama ini, kita seolah terlalu banyak mengandalkan pemain asing. Sebagai contoh, posisi playmaker. Hingga saat ini, belum ada pemain asli Indonesia yang mampu mengimbangi kapasitas Firman Utina. Ketika kelak Firman pensiun atau tak maksimal lagi, bisa jadi Indonesia kepusingan sendiri.

Selain membuat regulasi untuk pemain U-21, PT LPIS juga bersiap untuk melanjutkan kompetisi yang sempat terhenti lebih dari sebulan. Pada 26 November mendatang, akan diadakan empat pertandingan.

Seperti yang dilansir situs resmi LPI, keempat laga tadi adalah sebagai berikut.

  1. Persipura vs Arema
  2. Persiba Bantul vs Bontang FC
  3. Persidafon vs PSM
  4. Persib vs Mitra Kukar

Sebelumnya, LPI sudah bergulir pada 15 Oktober. Liga ini diawali laga Persib vs Semen Padang yang berakhir 1-1. Dengan akan dijalankannya kembali kompetisi, setidaknya para pemain tidak lagi terkatung-katung oleh isu yang tidak jelas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda