Scroll to Top

Apa Yang Harus Dilakukan Jika Akun Facebook Anda Di-Hack?

By Melissa / Published on Wednesday, 16 Nov 2011

Apakah Anda merasa ada yang salah di akun Facebook Anda? Seperti munculnya gambar-gambar aneh dan konten yang tidak jelas di Wall atau News Feed?

Jika Anda pernah lupa log out dari Facebook ketika berada di tempat umum seperti warnet atau meng-klik link sembarangan, Anda harus waspada akan kemungkinan akun Facebook Anda di-hack.

Simak kiat-kiat berikut untuk mengatasinya.

Ganti password Facebook Anda

Mungkin saja peretas mengetahui data akun Facebook Anda melalui situs phishing. Situs palsu tersebut memiliki tampilan yang sangat mirip dengan Facebook sehingga Anda terjebak untuk login.

Tujuan utama para hacker tersebut adalah mencuri data akun Anda untuk disalahgunakan.

Jika Anda merasa pernah terjebak di situs phishing seperti ini, segera ganti password Facebook Anda. Jika masalah Anda beres setelah Anda mengganti password, jangan lupa untuk segera mengganti password untuk akun-akun di situs lainnya.

Hal ini penting terutama jika Anda menggunakan password yang sama untuk setiap akun jejaring sosial atau layanan internet lainnya supaya akun-akun tersebut tidak ikut terkena hack.

Singkirkan Aplikasi Facebook Yang Tidak Anda Pakai

Sumber masalah Anda mungkin saja bersembunyi dibalik aplikasi yang tidak sengaja Anda install atau memaksa Anda untuk meng-installnya.

Sebagian aplikasi Facebook memiliki perizinan tertentu yang dapat Anda atur. Langkah terbaik yang dapat Anda ambil adalah menghapus seluruh aplikasi yang mencurigakan.

Jika langkah ‘pembersihan’ aplikasi ini berhasil, jangan lupa ingatkan teman-teman Anda untuk menghapus aplikasi-aplikasi mencurigakan tersebut agar Anda dan teman-teman Anda benar-benar terbebas dari serangan hack.

Gunakan Program Antivirus

Program-program berbahaya bisa berasal dari mana saja, seperti virus dan malware yang berupa keylogger, trojan dan lainnya. Meskipun Anda merasa komputer Anda aman, tidak ada salahnya untuk mengecek.

Banyak program antivirus yang beredar di pasaran baik yang berbayar maupun gratis, seperti Norton, Avira dan Avast. Jika Anda menggunakan Mac, Anda dapat mencoba antivirus dari Sophos.

Apakah akun Facebook Anda pernah di-hack? Bagaimana cara Anda mengatasinya? Silakan bagikan pendapat Anda.

(via Facebook Fan Central)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda