Scroll to Top

Memex, Mesin Pencari Canggih Besutan Pentagon

By Ditya / Published on Tuesday, 17 Feb 2015
Memex
Memex

Memex adalah mesin pencari canggih yang diklaim lebih hebat dari Google yang dikembangkan oleh Pentagon melalui DARPA (Defense Advanced Research Project Agency). kelebihan utama mesin pencari Memex ini adalah dapat mencari informasi di dunia maya dengan lebih dalam dan mampu menjangkau lebih banyak informasi dari mesin pencari lain.

DARPA mengklaim bahwa mesin pencari yang mereka kembangkan ini dapat mencakup 95% informasi pencarian yang selama ini tak dapat dilakukan oleh Google. Hal ini dapat dilakukan oleh Memex karena mesin pencari ini mampu menulusuri informasi lebih dalam hingga masuk pada database informasi yang selama ini tak terjangkau oleh Google, dilansir dari Kompas (17/02/2015).

Berdasarkan informasi yang beredar, mesin pencari Memex ini menggunakan teknik pencarian yang canggih dari hasil penggabungan antara indeks dan memori. Kombinasi keduanya mampu menjelajah lebih dalam di dunia maya. Hal ini sangat berbeda dengan mesin pencari lain seperti Google, Yahoo, dan Bing yang menggunakan kombinasi indeks dan algoritma untuk melakukan pencarian.

Lalu apa tujuan pengembangan mesin pencari Memex ini? DARPA mengatakan bahwa mesin pencari Memex ini akan bermanfaat untuk mendapatkan informasi tersembunyi terkait kegiatan kriminal, narkoba, terorisme, dan sebagainya. Dengan demikian dapat mempermudah pemerintah untuk memeranginya. Memex juga dapat digunakan dalam beberapa misi kritis.

“Kami membayangkan adanya sebuah paradigma baru dalam pencarian di internet yang akan menyesuaikan konten, hasil pencarian, dan tampilan antarmuka untuk pengguna individu dan untuk pengguna dalam bidang studi tertentu, dan bukan sebaliknya.”

“Dengan menciptakan metode yang lebih baik untuk berinteraksi dan berbagi informasi, kami ingin meningkatkan kemampuan mesin pencari untuk semua orang dan mempermudah orang dalam melakukan pencarian informasi. Kemudahan penggunaan bagi mereka yang bukan programer merupakan hal yang sangat penting,” kata Manajer Program DARPA Chris White.

Komentar Anda